Sabtu, 15 Juni 2024 WIB

Dosmar Minta Semua Tenaga Kesehatan Turun ke Lapangan Atasi Stunting

Redaksi - Selasa, 23 Mei 2023 11:19 WIB
197 view
Dosmar Minta Semua Tenaga Kesehatan Turun ke Lapangan Atasi Stunting
Foto Dok/Pemkab
RAKOR : Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE memimpin rapat koordinasi (rakor) konvergensi percepatan penurunan stunting, di Kantor Bupati Humbahas, Bukit Inspirasi, Kecamatan Doloksanggul, Senin (22/5/2023). 
Humbahas (harianSIB.com)

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor SE didampingi Sekda Drs Tonny Sihombing dan Plt Kadis Kesehatan P2KB, dr Gunawan P Sinaga memimpin rapat koordinasi (rakor) konvergensi percepatan penurunan stunting, di Kantor Bupati Humbahas, Bukit Inspirasi, Kecamatan Doloksanggul, Senin (22/5/2023).

Turut hadir dalam rakor, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Makden Sihombing SSos, Asisten Administrasi Umum, Drs Janter Sinaga, Camat dan Kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten Humbahas.

Bupati Humbahas menegaskan penanganan stunting harus dilakukan intervensi dini. Jadi penanganannya harus dimulai dari penanganan remaja putri dengan memberikan vitamin kepada setiap remaja putri mulai dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Seluruh tenaga kesehatan agar aktif turun ke lapangan memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam rangka penurunan stunting. Cek setiap keluarga yang memiliki balita, lakukan pengukuran dan penimbangan. Bila ada indikasi stunting, maka segera lakukan tindakan semaksimal mungkin. Semua ini dilakukan secara bersama-sama, Camat juga ikut ambil bagian, harus semua berperan aktif. Ini tanggungjawab kita semua," kata Bupati.

Dalam rapat ini, dr Gunawan P Sinaga menambahkan, untuk penurunan angka stunting secara bertahap, semua elemen masyarakat harus dilibatkan. Bidan Desa bersama Kepala Desa dan perangkatnya harus kompak untuk mendata warganya, siapa saja yang stunting. Kalau sudah terdata, maka dana desa bisa dianggarkan untuk keperluan stunting berupa pemberian makanan tambahan, sehingga secara bertahap angka stunting bisa menurun.

"Kita harus punya komitmen untuk bersinergi dalam rangka pengendalian dan penurunan angka stunting. Semua harus kita libatkan, baik itu Camat, Kepala Puskesmas dan seluruh Kepala Desa harus berkolaborasi," kata Gunawan. (G3)






Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Meriahkan Hari Bhayangkara ke-78, Polres Humbahas Gelar Turnamen Futsal Kapolres Cup
Wakil Bupati Humbahas Bacakan Nota Pengantar Atas Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA. 2023
Antonius Simamora Ketua DPD LPM Kabupaten Humbahas 2024-2029
Kolaborasi, Disdukcapil-Dinsos Humbahas Jemput Bola Perekaman KTP
Pemkab Humbahas Peroleh Rp 13 Miliar dari Bagi Hasil Pajak
Pj Bupati Optimis Deliserdang Bisa Atasi Stunting
komentar
beritaTerbaru