Dua Anak Diterlantarkan Orangtuanya, Dilaporkan ke Polres Labuhanbatu


98 view
Foto: Dok/Yasmir
DITERLANTARKAN : Staf Bidang Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu Selatan, memangku 2 bocah yang diterlantarkan orangtuanya, saat mendampingi Nek Rukiyah boru Harahap (kanan) membuat laporan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Polres Labuhanbatu, Jalan MH Thamrin Rantauprapat, Kamis (22/1). 
Labuhanbatu (SIB)
Dua bocah berusia di bawah lima tahun (Balita) diterlantarkan ayah dan ibunya dengan modus menitipkan kedua anak kepada seorang nenek. Sejak dititip sebulan yang lalu, orangtua bocah bernama Alan dan Maulana itu tidak datang mengambilnya. Melihat atau mengirim susunya juga tidak pernah.

Nenek Rukiyah boru Harahap (55), warga Jalan Kampung Tomutua Kotapinang, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, menyebut pada hari Selasa 29 Desember 2020, seorang wanita muda sekira berusia 30 tahun datang ke rumahnya. Wanita itu kemudian menitipkan Alan dan Maulana, dengan alasan mau pergi sebentar mengambil uang.

"Saya titip dulu anak saya di sini ya, Nek. Saya mau ambil uang dulu. Nanti kalau sudah dapat uangnya, saya ambil anak saya," sebut Rukiyah menirukan ucapan ibu kedua bocah, saat ditemui wartawan, Kamis (21/1) siang, di komplek Polres Labuhanbatu.
Rukiyah yang mengaku prihatin saat itu cuma bisa menganggukkan kepala, mendengar ucapan ibu kedua bocah yang mengaku akan pulang ke Ajamu, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu.

"Anggapan saya waktu itu, kemungkinan ibu kedua bocah ini orang sana (Ajamu)," sebutnya.
Ternyata ditunggu hingga berminggu-minggu, wanita yang mengaku ibu 2 bocah itu tidak kunjung datang. Hingga terhitung waktu satu bulan.

Rukiyah yang tinggal bersama seorang anaknya, mengaku tidak mampu membiayai hidup kedua bocah malang tersebut. Rukiyah didampingi Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Indra beserta stafnya, melaporkan masalah kedua bocah itu Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) yang ditindaklanjuti ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Labuhanbatu, Jalan MH Thamrin Rantauprapat, Kamis (21/1).

Indra yang ditemuai wartawan di ruang SPK, menyebut kedua bocah tersebut untuk sementara waktu akan dititipkan di Rumah Singgah Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Labusel, Jalan dr Hamka Kotapinang.

"Untuk kebutuhan kedua anak itu akan kita bantu. Baik susu dan kebutuhan lainnya, hingga ada orang tua asuh ataupun orang tuanya datang mengambilnya," sebut Indra

Friska Ayu Naela Sari dari KPAI yang turut mendampingi, berharap kiranya ayah dan ibu Alan dan Maulana segera datang menjemput anak ini.

"Kasihanilah buah hati kita. Karena mereka darah daging kita yang membutuhkan kasih sayang dari kita," ujarnya berharap ibu kedua anak segera datang. (BR6/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com