Dua Kapal Ikan Freezer Terbakar di Tanjungbalai


164 view
Dua Kapal Ikan Freezer Terbakar di Tanjungbalai
Foto: harianSIB.com/Regen Silaban
PADAMKAN: Petugas Damkar dan masyarakat saat memadamkan kobaran api yang membakar dua unit kapal ikan jenis Freezer yakni, KM Deli Asahan dan  KM Deli Naga di tambatan Gudang Horas, Jalan Cendrawasih Kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai, Kamis (23/9/2021).
Tanjungbalai (harianSIB.com)

Dua unit kapal ikan jenis Freezer yaitu KM Deli Asahan dan KM Deli Naga terbakar saat sedang sandar di tambatan Gudang Horas, Jalan Cendrawasih Kelurahan Beting Kuala Kapias, Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai, Kamis (23/9/2021).

Setelah 6 unit mobil pemadam kebakaran turun ke lokasi serta dibantu warga setempat, kobaran api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai miiaran rupiah, mengingat kondisi kapal setelah api padam, KM Deli Asahan terbakar 90% dan KM Deli Naga terbakar 30 %.

Dari keterangan yang dihimpun, api berasal dari kamar mesin salah satu kapal, diduga karena kran minyak yang bocor dan menyambar percikan api di dalam kapal. Kemudian, kobaran api yang dahsyat merambat hingga ke KM Deli Naga yang berada disamping KM Deli Asahan.

Diketahui, pemilik kedua kapal yang terbakar itu adalah Awan dan Sutar Sebastian alias Atien, warga Tanjungbalai.

Salah seorang saksi yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, sebelum terjadi kebakaran, beberapa orang pekerja/ABK sedang melakukan perbaikan di dalam kapal KM Deli Asahan. Sehingga menurutnya, api berasal dari gas yang bocor dan menyambar percikan api dari pekerja yang sedang mengelas besi di dalam kapal tersebut.

"Sebelum kapal terbakar, saya lagi bekerja di sini (dermaga kapal-red). Namun saya sempat melihat ada yang sedang melas besi di dalam kapal. Kemudian tiba tiba saja sudah terlihat kobaran api yang cukup besar dan tinggi melebihi dari tingginya atap gudang Horas ini. Kobaran api juga menyambar bagian sisi kapal yang ada di sebelahnya, " ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek Teluk Nibung AKP RAZ Simamora kepada harianSIB.com mengatakan bahwa penyebab terjadinya kebakaran kapal itu masih dalam proses penyelidikan. Namun pihaknya telah meminta keterangan saksi-saksi dan mengamankan beberapa barang bukti seperti trafo las dan kabel las, pipa minyak, kayu bakar serta sisa kain fiber minyak.

"Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan. Dugaan sementara sumber api dari kamar mesin. Nanti saksi ahli Laboratorium Forensik Polda akan diundang untuk menemukan penyebabnya," kata Kapolsek. (*)

Penulis
: Regen Silaban
Editor
: Robert /Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com