Dugaan Korupsi, Jaksa Panggil Ketua DPRD Nisbar dan 4 Rekannya


227 view
Dugaan Korupsi, Jaksa Panggil Ketua DPRD Nisbar dan 4 Rekannya
Foto: Dok/SIB/Riswan H Gultom
JELASKAN: Ketua DPRD Nisbar EZ  dan rekannya menjelaskan penggunaan anggaran transportasi dan perumahan TA 2017-2018, usai dipanggil jaksa, Kamis (8/9/2022).

Gunungsitoli (harianSIB.com)

Kejari Gunungsitoli memanggil Ketua DPRD Nias Barat (Nisbar) dan 4 anggota dewan periode 2014-2019 untuk memberikan keterangan terkait dugaan penyelewengan tunjangan transportasi dan perumahan TA 2017-2018, Kamis (8/9/2022).


Kelima orang yang dipanggil yakni, EZ (Ketua DPRD saat ini), KH, NG, TH dan HG.


Usai diperiksa, EZ kepada wartawan mengatakan tidak mengetahui besaran nilai yang dipermasalahkan. EZ pun membantah penggunaan anggaran transportasi dan perumahan saat itu disebut tindakan korupsi.


"Saya tadi sudah terangkan kepada jaksa bahwa penggunaan dan besaran dana itu sudah sesuai Peraturan Bupati (Perbup)," jelasnya.


Ditambahkannya, Pasal 17 PP Nomor 18 Tahun 2017 mengatur apabila pemerintah daerah tidak dapat menyediakan rumah dinas kepada aggota DPRD, maka diberikan tunjangan perumahan dan tunjangan transportasi.


Terkait adanya temuan BPK dalam penggunaan anggaran itu, EZ mengaku telah menjelaskannya kepada penyidik.


Dia mengatakan LHP BPK yang dikeluarkan beberapa tahun lalu, tidak terlepas dari sekretaris dewan selaku pengguna dan penanggung jawab anggaran.


Soal disebut-sebut saat itu anggaran terpakai mencapai Rp2,5 miliar, EZ menyanggah. Dan terkait upaya pengembalian dana, pihaknya dikatakan kooperatif.


Kajari Gunungsitoli melalui Kasi Intel Berkat Harefa mengatakan meminta keterangan kepada EZ dan 4 anggota dewan lainnya.


Harefa belum dapat meyampaikan materi- materi pemeriksaan karena masih tahap penyelidikan.


"Ini masih Pulbaket dan Puldata. Mungkin masih ada pihak yang akan dipanggil," kata Harefa. (A19)





Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com