Dugaan Korupsi Pengadaan Rumah Relokasi Mandiri, 3 Tersangka Ditahan di Rutan Kabanjahe


648 view
Dugaan Korupsi Pengadaan Rumah Relokasi Mandiri, 3 Tersangka Ditahan di Rutan Kabanjahe
(Foto: Dok/Ist)
Kejaksaan Negeri Karo. 
Karo (harianSIB.com)
Tim penyidik dari Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Karo, menahan tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pembangunan rumah tinggal relokasi mandiri pengungsi bencana erupsi Gunung Sinabung Kabupaten Karo tahun 2017, di Rutan Kabanjahe, Senin (19/2/2024).
Ketiga tersangka masing-masing PG, SG dan SO. Mereka ditahan selama 20 hari terhitung Senin (19/2/2024) hingga Jumat (19/3/2024).
Kepala Kejari Karo Tri Sutrisno kepada wartawan, Selasa (20/2/2024), mengatakan, kasus yang menjerat ketiga tersangka ini merupakan tindak lanjut dari tahap penyelidikan yang dilakukan beberapa waktu lalu.
Dijelaskannya, dari serangkaian proses penyidikan yang dilakukan tim Kejari Karo, akhirnya ditetapkan tersangka setelah adanya 2 alat bukti yang cukup.
"Para tersangka dalam proyek ini memiliki peran sebagai pelaksana pembangunan," katanya.
Lebih lanjut dikatakan, kegiatan tersebut menimbulkan kerugian keuangan negara senilai Rp3,4 miliar lebih berdasarkan perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
Informasi yang diperoleh, kasus yang menjerat ketiga tersangka dimulai dari adanya dana hibah yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Karo dari pemerintah pusat untuk pembangunan hunian bagi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung.
Pembangunan rumah ini masuk ke dalam program relokasi tahap dua, di mana masyarakat diberikan kemandirian untuk mencari layan dan pengembang bangunan yang nantinya akan ditempati. (*)

Penulis
: Theopilus Sinulaki
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com