Dugaan Penyimpangan Dana Desa, Kejari Karo Geledah Kantor Desa Tanjungpulo


213 view
Dugaan Penyimpangan Dana Desa, Kejari Karo Geledah Kantor Desa Tanjungpulo
Foto: Dok/Intel Kejari Karo
GELEDAH : Tim penyidik Kejari Karo melakukan penggeledahan terhadap Kantor Desa Tanjungpulo, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, Senin (28/6).
Karo (SIB)
Tim penyidik Kejari Karo menggeledah Kantor Desa Tanjungpulo, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, Senin (28/6) terkait penyidikan dugaan tindak pidana korupsi dalam penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah dan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018 dan 2019.

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan, tim penyidik Kejari Karo dengan personel lima orang dari Intel dan empat orang dari Pidsus. Mereka tiba di Kantor Desa Tanjungpulo sekira pukul 10.00 WIB. Selanjutnya menggeledah sejumlah ruangan dan membawa sejumlah barang bukti berupa dokumen pengadaan, penggeledahan berakhir pukul 12.00 WIB.

Kajari Karo, Fajar Syah Putra SH MH kepada SIB ketika dikonfirmasi, Senin (28/6) siang di halaman kantor Kejari Karo membenarkan penggeledahan tim penyidik terhadap kantor Desa Tanjungpulo. "Penggeledahan ini terkait penggunaan anggaran ADD/DD di desa tersebut. Dalam waktu dekat bakal ada tersangka," ungkapnya.

Namun ia tidak merinci terkait proses penggeledahan dan barang bukti apa saja yang disita dalam penggeledahan tersebut. " Untuk lebih jelasnya nanti soal penggeledahan lengkapnya ke Intel Kejari saja," ungkapnya sembari mengarahkan wartawan.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Karo Ifhan Taufiq Lubis SH MH mengatakan, penggeledahan tersebut dilakukan karena ada beberapa data atau dokumen yang dibutuhkan oleh penyidik terkait APBDesa Tahun Anggaran 2018 dan 2019 yang selama ini sudah dimintakan kepada Kepala Desa akan tetapi tidak diserahkan.

"Kegiatan penggeledahan tersebut melibatkan Pihak Intelijen dan Pidsus Kejari Karo serta dibantu Kapolsek Payung beserta personel Polsek Payung untuk pengamanan. Penggeledahan selesai pada pukul 12.00 WIB dan membawa berkas-berkas dokumen," ungkapnya.

Sebagaimana disiarkan sebelumnya, Oknum Kepala Desa Tanjungpulo berinisial DS diperiksa penyidik Kejari Karo terkait dugaan penyimpangan penggunaan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2018 dan 2019, Rabu (16/6) lalu.

Kejari Karo, Senin (14/6) lalu telah melakukan koordinasi bersama Inspektorat Pemkab Karo untuk menghitung potensi kerugian negara yang ditimbulkan atas penggunaan anggaran tersebut. (BR2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com