Duka Pedagang Pajak Lama Perbaungan yang Terbakar


175 view
Duka Pedagang Pajak Lama Perbaungan yang Terbakar
(Foto Dok/Humas Polres Sergai)
TINJAU : Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang meninjau lokasi Pajak Lama Perbaungan pasca terjadinya kebakaran, Kamis (16/9/2021). 
Sergai (harianSIB.com)
Pajak Lama Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) terbakar dan meludeskan ratusan kios milik pedagang, Kamis (16/9/2021) pagi,

Peristiwa itu meninggalkan duka mendalam bagi para pedagang yang sebelumnya menjajakan dagangannya di pajak yang terbakar tersebut.

Mahendra Buyung, salah seorang pedagang pakaian di pajak yang terbakar itu mengatakan dirinya tidak tahu mau berbuat apalagi, pasca semua barang dagangannya ludes terbakar.

Pagi sebelum terjadi kebakaran, dia mengaku berada di pajak, namun pulang lagi ke rumah untuk mandi. Saat mendengar kabar kebakaran, dia langsung balik ke pajak. Namun tidak sempat lagi membuka pintu kios untuk menyelamatkan barang dagangannya, karena kios miliknya telah ludes dilalap api.

"Satu pun barang tidak ada yang terselamatkan. Padahal dua hari lalu saya baru saja belanja untuk mengisi kios dengan pakaian baru. Tapi semua barang dagangan ludes dilalap api," keluhnya.

Menurut para pedagang lainnya, kata Mahendra, awalnya api berasal dari dalam salah satu kios permanen, namun dia tidak mau mereka-reka penyebab terjadinya kebakaran.

"Enggak tau lah, kita enggak boleh menduga-duga, tinggal tunggu penyelidikan aparat aja," ujarnya.

Akibat peristiwa tersebut, Mahendra mengaku mengalami kerugian sekitar Rp.100 juta. Dia juga menyebutkan jumlah kios di pajak itu ada ratusan, namun yang terisi hanya bagian depan saja.

"Saat kebakaran terjadi, tak satupun pedagang yang bisa menyelamatkan barang dagangannya. Saat ini tidak tahu mau bilang apa lagi. Mau buka usaha, barang dagangan udah habis semua, mau bagaimana lagi," tutup Mahendra.

Sementara, Kapolres Sergai, AKBP Robin Simatupang di sela meninjau lokasi kebakaran di Pajak Lama Perbaungan mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran.

"Sumber api masih dalam penyelidikan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian materi ditaksir Rp.10 miliar", ungkap Robin. (*)


Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com