Gebyar Milad ke-92 Tahun Al Jam’iyatul Washliyah:

Edy Rahmayadi Berharap Terus Lahir Syuhada yang Berkontribusi pada Negara dan Umat


133 view
Edy Rahmayadi Berharap Terus Lahir Syuhada yang Berkontribusi pada Negara dan Umat
(Foto: SIB/Dok Pemprovsu)
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menghadiri Gebyar Milad 92 Tahun Al Jam'iyatul Washliyah di Halaman Replika Istana Sultan Serdang Desa Tualang, Kecamatan Perbaungan,  Serdangbedagai, Rabu (30/11). 

Sergai (SIB)

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berharap organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam Al Jam'iyatul Washliyah agar terus melahirkan para syuhada yang memberikan kontribusi pada kemaslahatan bangsa dan umat di Indonesia dan Sumut khususnya.


Al Jam'iyatul Washliyah merupakan komponen cadangan dalam menjaga Negara Republik Indonesia.


"Karena sebelum ada TNI dan Polri, Ormas Islam di antaranya Alwashliyah telah secara total melakukan pertempuran memerdekaan negara ini. Republik ini tergantung dari para syuhada yang saat ini menjaga dan mengisi kemerdekaan," ucap Edy Rahmayadi, yang menghadiri Gebyar Milad ke-92 Tahun Al Jam'iyatul Washliyah yang berlangsung di Lapangan Replika Istana Sultan Serdang, Desa Tualang, Perbaungan, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Rabu (30/11).


Hadir dalam perayaan tersebut Bupati Sergai Darma Wijaya, Ketua Umum Al Jam'iyatul Washliyah Masyhuril Khamis, Ketua MUI Maratua Simanjuntak, Ketua Pengurus Wilayah Al Jam'iyatul Washliyah Dedi Iskandar Batubara, Forkopimda, tokoh agama, masyarakat, OPD serta seluruh pengurus Alwashliyah kabupaten/kota se-Sumut.


Dalam mengisi kemerdekaan, Edy Rahmayadi berharap Al Jam'iyatul Washliyah dapat terus memberikan peranan di tengah umat dalam membantu Pemerintah, TNI dan Polri mengatasi permasalahan sosial yakni merebaknya perjudian, prostitusi, narkoba dan lainnya di Sumut.


"Mari kita bersama dengan aparat penegak hukum untuk bekerja sama dalam memberantas kejahatan masyarakat ini, agar generasi kedepan terlindungi dari efek buruk dari itu semua dan kita berharap generasi penerus ini dapat lebih baik lagi," katanya.


Bupati Sergai Darma Wijaya mengatakan kehadiran Alwashliyah tentunya memberikan banyak manfaat bagi perkembangan dan kemajuan di Kabupaten Sergai di antaranya adalah dalam bidang pendidikan.


Diharapkan sarana pendidikan sekolah yang didirikan Alwashliyah ini dapat terus berkembang di Kabupaten Sergai.


Mengenai kegiatan Gebyar Milad ini juga diharapkan pada tahun yang akan datang dapat kembali dilaksanakan di Kabupaten Sergai.


Menurut Darma Wijaya, dengan acara yang dihadiri ribuan pengurus dan anggota Alwasjliyah se-Sumut tentunya memberikan efek positif pada masyarakat Kabupaten Sergai di antaranya dapat membantu UMKM.


"Kegiatan ini tentunya menambah berkah bagi kami di Kabupaten Sergai yang dapat menghidupkan UMKM kami. Tahun depan Kabupaten Sergai, kembali siap menjadi tuan rumah perayaan Milad Alwashliyah," ucap Darma Wijaya.


Sementara itu, Ketua Umum Al Jam'iyatul Washliyah Masyhuril Khamis mengucapkan terima kasih atas perhatian Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada Alwashliyah.


Hal ini menurut Mashuril karena Edy Rahmayadi memiliki jiwa seorang Mujahid dalam membela bangsa dan umat.


Masyhuril Khamis juga mengajak pada para masyarakat yang memilik talenta dan pemikiran untuk kemajuan bagi bangsa dan umat untuk dapat bergabung dengan Al Jam'iyatul Washliyah.


Pergerakan untuk memerdekan negeri ini sudah jauh dilakukan oleh ormas Islam dan untuk di Sumut yakni lahirnya Al Jam'iyatul Washliyah pada 30 November 1930 silam.


"Alwashliyah lahir diminta oleh rakyat karena adanya politik becah belah dan adu domba yang dilakukan penjajah. Dilakukanlah pergerakan semangat persatuan hingga terbentuklah Alwashliyah, yang menghubungkan antara umat," katanya. (A3/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com