Sabtu, 15 Juni 2024 WIB
Motivasi Ratusan Relawan Sumut Mengajar

Edy Rahmayadi Minta Terus Cerdaskan Rakyat Hingga ke Tempat Terpencil

Redaksi - Minggu, 12 Maret 2023 17:18 WIB
171 view
Edy Rahmayadi Minta Terus Cerdaskan Rakyat Hingga ke Tempat Terpencil
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
MOTIVASI: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memberi motivasi kepada ratusan relawan Gerakan Sumut Mengajar pada acara Ngopi Sumut di
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memotivasi ratusan relawan Gerakan Sumut Mengajar. Gubernur juga berkomitmen akan terus memberi dukungan pada program Sumut mengajar.
Menurut Gubernur, program Sumut Mengajar sangat positif sehingga perlu didukung pelaksanaannya. Ia bangga banyak anak muda yang mau menjadi relawan mencerdaskan rakyat hingga daerah terpencil.
"Saya terima kasih banyak. Kalian butuh apa? Teruslah bersemangat kalian datang ke tempat terpencil, teruskan perjuangan ini karena banyak saudara kita yang membutuhkan pendidikan," kata Edy Rahmayadi saat acara Ngopi Sumut Dinas Kominfo Sumut bersama Gerakan Relawan Sumut Mengajar di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Medan, Sabtu (11/3).
Mencerdaskan kehidupan rakyat merupakan bagian dari upaya mengisi kemerdekaan. Setiap generasi memiliki cara dan upaya dalam mengisi kemerdekaan. "Sekarang di generasi kalian apa yang akan kalian lakukan dalam mengisi kemerdekaan ini," katanya.
Dalam waktu dekat Edy juga berencana akan mengumpulkan berbagai pihak universitas. Ia akan bersinergi dengan universitas terkait dengan program pengabdian masyarakat. Menurutnya mahasiswa harus mengenal masyarakatnya.
Kepada para relawan Edy mengingatkan untuk tidak mengikuti kampanye politik praktis. "Jadi jangan berkampanye, hanya kampanyekan ayo belajar, ayo membaca jangan biasakan ambil yang bukan hakmu," katanya.
Pada kesempatan itu Edy juga menyerahkan penghargaan berupa tablet (gadget) pada relawan terbaik Sumut Mengajar. Pemberian tablet tersebut merupakan program Dinas Kominfo Sumut dalam rangka peningkatan literasi digital masyarakat Sumut. Diharapkan percepatan literasi digital dapat terlaksana di Sumut.
Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas Sitorus mengatakan, sebagai pemangku kebijakan pembangunan literasi digital di Provinsi Sumut, Dinas Kominfo juga mengajak semua terutama para Relawan Sumut Mengajar, untuk tidak luput menyampaikan pentingnya pengetahuan dan pemahaman bagi seluruh masyarakat. Terutama anak-anak dalam pemanfaatan media digital sehari-hari.
“Jangan sampai anak-anak kita tahu mengoperasikan gadget, namun lemah dalam kemampuan menulis, berhitung dan membaca,” ujarnya.
Pembina Gerakan Sumut Mengajar Dwi Endah Purwanti mengatakan, hal yang perlu didukung untuk para relawan adalah transportasi. Sebab seringkali hambatan yang dirasakan oleh para relawan adalah transportasi.
"Kita ini membutuhkan dukungan transportasi, memang mereka ini kita arahkan untuk mandiri, tapi seringkali yang sangat dibutuhkan mereka ini adalah transportasi," kata Dwi yang juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut.
Selain itu, Dwi mengatakan anak muda mesti tahu bahwa angka buta huruf di Sumut masih ada. Untuk itu Pemerintah Provinsi Sumut akan terus bersinergi dengan seluruh pihak untuk menjalankan program edukasi tersebut.
"Ini menjadi PR kita bersama, anak muda itu harus tergerak bagaimana menyelesaikan masalah pendidikan ini," katanya.
Niken Yolanda salah satu Relawan Gerakan Sumut Mengajar mengapresiasi dukungan yang diberikan Gubernur Edy Rahmayadi terhadap relawan Gerakan Sumut Mengajar. Bahkan Gubernur datang langsung ke lokasi tempat Ia mengabdi.
"Saya terkesan karena Pak Gubernur telah melihat dan datang, serta peduli pada sekolah di Desa Sibagindar, Kabupaten Pakpak Bharat," kata Niken.
Relawan Sumut Mengajar lainnya Kristina Lumbangaol juga mengapresiasi dukungan Gubernur pada Gerakan Sumut Mengajar. Menurutnya dukungan tersebut memberi dorongan semangat pada dirinya dan para relawan.
“Terima kasih kepada beliau karena telah mendukung kegiatan Sumut Mengajar, kemarin kami pun diberangkatkan oleh beliau secara hormat," katanya.
Pada kesempatan tersebut turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Baharuddin Siagian dan ratusan relawan Gerakan Sumut Mengajar. (A8/a)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ketua DPRD SU dan Gubernur Sidak Proyek Multiyears Rp 2,7 T Paket Jalan Sejajar Medan-Berastagi
Gubernur Sumut Lepas Seribuan Jemaat Ikuti Jalan Santai HUT ke-111 HKBP Sudirman
Edy Rahmayadi Lantik 155 Pejabat Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Kepsek
Gubernur Edy Rahmayadi Ajak Marga Pasaribu Galakkan Kembali Konsep Marsipature Hutanabe
Edy Rahmayadi Hadiri Wisuda Institut Deli Husada Delitua
Gubernur Salat Subuh Bersama Masyarakat di Masjid Agung Labuhanbatu
komentar
beritaTerbaru