Pengamat Politik Kristian Silitonga SH

Elit Parpol Agar Selektif Usulkan Calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar


166 view
Foto Dok
Kristian Silitonga SH
Pematangsiantar (SIB)
Pengamat politik di Pematangsiantar berharap elit Parpol (partai politik) di daerah itu, selektif mengusulkan calon Wakil Wali Kota Pematangsiantar untuk dipilih oleh 30 anggota DPRD setempat. Hindari kepentingan politik sentimental, untuk memilih figur yang mampu membangun sinergitas dengan wali kota definitif.

“Demikian juga kepada 30 anggota DPRD yang akan memilih figur calon wakil wali kota, harus jujur tentukan arah pilihan. Cermati kualitas SDM (sumber daya manusia), mampu menjalin kerjasama terpadu, membangun Kota Pematangsiantar”, kata pemerhati politik Kristian Silitonga SH kepada SIB, Jumat (9/4).

Pasca 8 Parpol yang memiliki kursi di DPRD Pematangsiantar membuka/ menerima pendaftaran, tercatat sudah 5 orang figur antara lain, Mangatas MT Silalahi SE, Astronout Nainggolan, Yan Santoso, Sondi Silalahi ST dan Rospita Sitorus SH menyampaikan permohonan, untuk jadi calon wakil wali kota Pematangsiantar.

Dalam kaitan ini, Kristian menekankan kepada elit politik untuk memperhatikan kepentingan masyarakat Kota Pematangsiantar, agar Parpol (partai politik) yang mengusulkan figur calon wakil wali kota memiliki kualitas SDM, mampu merajut sinergitas kerja dengan wali kota definitif. “Jangan sampai terjadi pecah kongsi di tengah jalan,” tegasnya.

Dia mengingatkan pimpinan Parpol, supaya menghindari dinamika kepentingan elitis partai, utamakan kepentingan masyarakat. Hal ini terkait, 8 partai (PDI-P, Golkar, Gerindra, Hanura, Demokrat, NasDem, PAN dan PKPI) punya kursi di DPRD Pematangsiantar, sesuai ketentuan dan peraturan, masing-masing dibenarkan mengusulkan calon wakil wali kota Pematangsiantar.

Fenomena pemilihan wakil wali kota Pematangsiantar, dituntut kesepahaman dan kemampuan elit politik, membangun lintas partai satu bahasa, satu kata, untuk mengusulkan figur calon wakil wali kota yang mumpuni (berkualitas), mampu merajut kerjasama dengan wali kota definitif. (D1/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com