Enam Bulan Selesai Direhab, Pustu di Desa Pekan Sergai Belum Difungsikan


138 view
(Foto / Lambok Simbolon)
BELUM DIFUNGSIKAN : Warga Desa Pekan, Kecamatan Bandarkhalifa Sergai berharap Pustu segera difungsikan. Foto dipetik SIB, Selasa (11/5).
Sergai (SIB)
Warga Desa Pekan, Kecamatan Bandarkhalifa, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) berharap Puskesmas Pembantu (Pustu) di Dusun IV, segera difungsikan. Pasalnya bangunan yang sudah selesai direhab hampir enam bulan tersebut, sangat dibutuhkan warga.

Pantauan SIB, Selasa (11/5), bangunan tersebut tanpa plang dan tertutup. Ruangan masih kosong tanpa kelengkapan yang menandakan bahwa bangunan tersebut merupakan fasilitas kesehatan.

Tokoh pemuda setempat, Amin Sembiring (40), menyayangkan bangunan tersebut belum juga difungsikan. Padahal Pustu tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dari tiga desa yang berada di sekitarnya.

"Pustu ini dibutuhkan banyak orang, minimal warga dari tiga desa sekitar yakni Desa Gelamseiserimah, Kayubesar dan Pekan. Itu sebabnya sangat mendesak agar Pustu segera difungsikan," ujarnya.

Harapan senada juga disampaikan Kepala Dusun (Kadus) III Desa Pekan, Mukhtar, agar Pustu tersebut segera difungsikan. Sebab banyak warga yang membutuhkannya.

"Pustu itu kami anggap penting. Makanya baru seminggu lewat, aparat desa setempat gotong-royong membersihkannya. Kasihan para orang tua dan anak-anak yang mau berobat. Kalau Pustu ada, kan lebih dekat. Apalagi di masa-masa pandemi Covid-19 ini. Sekarang imunisasi pun masih di rumah para Kadus," sebutnya.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Kepala Pusat (Kapus) Kesehatan Masyarakat UPT Bandarkhalifa, dr. Yannes Manalu kepada SIB, Selasa (11/5) membenarkan Pustu tersebut selesai direhab pada Januari 2021. Sedangkan untuk tenaga kesehatan masih dikonsentrasikan di Puskesmas menunggu dialihkan ke Pustu tersebut.

"Iya betul, Pustu tersebut selesai direhab fisiknya pada Januari 2021 lalu. Sebenarnya sudah bisa difungsikan, karena tenaga kesehatannya semua tersedia di Puskesmas. Namun, dalam waktu dekat ini kita masih butuh waktu untuk melengkapi fasilitas alat-alat kesehatan dan mobiler lainnya, agar bisa beroperasi secara penuh," tutupnya. (LS/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com