Ephorus Resmikan Gedung Hemodialisa RSU HKBP Balige


453 view
Ephorus  Resmikan Gedung Hemodialisa RSU HKBP Balige
Foto: SIB/Eduwart MT Sinaga
TINJAU: Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar, Kadep Koinonia Pdt Dr Deonal Sinaga, Direktur RSU HKBP Balige dr Benni Sinaga SpB, serta Sekretaris Yayasan Kesehatan dr Togar Siallagan meninjau Gedung  Hemodialisa usai diresmikan, Sabtu (30/4/2022). 

Toba (harianSIB.com)


Ephorus Huria Kristen Batak Prostestan (HKBP), Pdt Dr Robinson Butarbutar meresmikan Gedung Hemodialisa Rumah Sakit Umum HKBP Balige, Kabupaten Toba, Sabtu (30/4/2022).


Peresmian gedung cuci darah yang ditandai dengan pengguntingan pita dan kebaktian singkat tersebut, dihadiri Kepala Koinonia Pdt Deonal Sinaga, Sekretaris Yayasan Kesehatan HKBP dr Togar Siallagan, Direktur RSU HKBP Balige dr Benni Sinaga, Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan Pdt Same Siahaan, Tigor Sinaga dari Sinar Roda Utama, Pengawas Yayasan Kesehatan HKBP Diakonia Solide Siahaan.


Direktur RSU HKBP Balige, dr Benni Sinaga SpB menyebut, pelayanan hemodialisa di RSU HKBP Balige telah dilakukan sejak 5 tahun lalu dengan kapasitas 6 tempat tidur. Tetapi karena banyaknya penduduk dan semakin meningkatnya kasus-kasus generatif, termasuk penyakit gagal ginjal akut dan kronis, sehingga banyak permintaan masyarakat supaya rumah sakit meningkatkan kapasitas hemodialisa, sehingga tidak perlu lagi keluar kota.


"Supaya bisa melakukan cuci darah di rumah sakit ini, sehingga tidak usah pergi jauh lagi. Dan saat ini lewat kerja sama dengan Sinar Roda Utama, kita siapkan menjadi berkapasitas 25 tempat tidur. Tentunya ini akan kita siapkan secara bertahap. Saat ini sudah 10 tempat tidur," kata Benni, seperti dilaporkan jurnalis SIB Eduwart MT Sinaga.


Selain peningkatan sarana dan alat- alat, tenaga-tenaga yang bertugas disiapkan yang terlatih dan sudah mengikuti pelatihan-pelatihan. Sehingga perawat-perawat yang bertugas adalah tenaga-tenaga bersertifikat dan profesional dan sangat kompetensi dalam mengoperasikan mesin hemodialisa.


"Terus melakukan pembenahan-pembenahan, sehingga mempunyai keunggulan dan daya saing sebagai modal untuk berkontribusi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Toba," katanya.


Sementara itu, Ephorus HKBP Pdt Robinson Butarbutar, berharap seluruh sthakholder yang melayani di RSU HKBP senantiasa kompak dalam membangun dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.


Menurut Ephorus, saat ini penanganan medis di rumah sakit tersebut, sudah semakin baik. Sudah mulai ada perubahan transformasi perilaku di rumah sakit.


"Tahap demi tahap, sudah mulai ada perubahan di rumah sakit ini. Oleh karenanya, HKBP melalui Yayasan Kesehatan, akan terus mendorong dan melakukan pembenahan-pembenahan baik sarana dan prasarananya, sehingga bisa melayani masyarakat di kawasan Danau Toba, khususnya dalam rangka pelayanan kesehatan di daerah pariwisata Superprioritas," kata Ephorus. (*)

Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com