* Grand Design Menuju Indonesia Emas 2045

Erick Thohir : Pertumbuhan Ekonomi Bergantung Knowledge Base Economy


343 view
Erick Thohir : Pertumbuhan Ekonomi Bergantung Knowledge Base Economy
Foto Tangkapan layar Youtube: OFFICIAL PEMA USU
Erick Thohir

Medan (harianSIB.com)


Menteri BUMN RI, Erick Thohir mengungkapkan pentingnya knowledge base economy demi mencapai Indonesia Emas 2045. Dikatakan, pertumbungan ekonomi saat ini tidak boleh hanya bergantung pada sumber daya alam saja, sebab saat ini sudah eranya teknologi.


"Kita selama ini hanya masih berharap pada sumber daya alam, di mana bisa habis dan bisa tidak dipakai lagi kemudian hari. Makanya, tantangan kita ke depan terletak pada knowledge base economy. Sekarang eranya manusia yang jadi pusat pertumbuhan," ujar Erick Thohir saat menyampaikan pidato pada acara Grand Design Menuju Indonesia Emas 2045 di Auditorium USU yang juga disiarkan secara daring. Demikian dilaporkan Jurnalis Koran SIB, Christopel Naibaho, Minggu (9/1/2022).


Dijelaskan, knowledge base economy adalah hal yang penting lewat skilled labor yang paham terhadap ekonomi. Apalagi pada 2035 mendatang, Indonesia butuh 17,5 juta tenaga kerja muda dan pengusaha muda yang profesional yang mengerti dan beradaptasi terhadap teknologi.


"Kalau kita hari ini kita lihat digitalisasi sekedar wifi, infrastruktur, tol dan lain-lain, ke depan infrastruktur digitalisasi yang sangat penting karena itu backbone dari kekuatannya. Apa yang namanya healthtech, fintech, edutech, mediatech semua ke arah tersebut," katanya.


Pertumbuhan ekonomi, lanjut dia, juga bergantung pada kesehatan. Pandemi Covid-19 saat ini diharapkan jangan terulang lagi. "Ini yang harus kita pastikan, sehingga potensi pertumbuhan terus ada. Kita bergotong royong, jaga Covid-19 tidak naik. Karena kalau Covid-19 naik maka ekonomi turun," katanya.


Untuk itu cita-cita 2045 juga harus dikejar dengan melewati setiap tantangan yang ada. "Generasi muda harus produktif. Jangan jadi generasi konsumtif, generasi rebahan bukan bangkit. Itu jadinya 2045 hanya mimpi," tambahnya.


Dalam kesempatan itu, Erick Thohir mencontohkan pengaruh teknologi sangat besar. Di mana, 10 perusahaan terbesar di Amerika semua menggunakan teknologi base.


"Misalnya Tesla. Mobil, tapi teknologi base. Kan mobilnya jalan sendiri, " pungkasnya.


Sebelumnya, kegiatan yang digelar Pema USU menghadirkan sejumlah narasumber seperti Meutya Hafid (Ketua Komisi 1 DPR RI), Bobby Nasution (Wali Kota Medan) dan Muryanto Amin (Rektor USU). Sementara Keynote speech menghadirkan Menteri BUMN RI Erick Thohir dan tokoh nasional Ganjar Pranowo. (*)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com