Exsaudi R Simanullang Harapkan Penyegelan Kantor Sekretariat DPRD Humbahas Diakhiri


507 view
Foto Dok
Exsaudi R Simanullang
Jakarta (harianSIB.com)

Praktisi hukum Exsaudi R Simanullang sebagai putra Humbang Hasundutan (Humbahas), yang tinggal di perantauan merasa prihatin terkait berlarut-larutnya penyegelan kantor sekretariat DPRD Humbahas.

“Ini sangat memprihatikan. Jika terus berlarut akan sangat merugikan masyarakat, sebab DPRD tidak bisa melaksanakan sidang paripurna sesuai jadwal," kata Exsaudia kepada wartawan termasuk jurnalis Koran SIB Jamida P Habeahan, Senin (7/8/2021), di Jakarta.

Menurutnya, DPRD tidak punya wewenang menyegel kantor milik pemerintah daerah. Makanya sangat memprihatinkan, mengingat seharusnya DPRD Humbahas memahami tugas kenegaraan yang diembannya.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara ( FH USU ini menilai, penyegelan kantor sekretariat DPRD Humbahas juga menunjukkan kualitas demokrasi di daerah itu menurun pasca pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020.

Apalagi penyegelan dilakukan sendiri oleh para wakil rakyat yang dipilih rakyat Humbahas secara demokratis.

"Kisruh di lembaga legislatif itu seharusnya bisa diselesaikan secara musyawarah," kata Exsaudi sembari meminta kisruh politik di DPRD Humbahas segera diakhiri agar kinerja DPRD tidak terhambat.

Para wakil rakyat, kata dia, sebaiknya mengedepankan kepentingan membangun Humbahas dan memakmurkan masyakat setempat.

Dia mengingatkan, jika dialog dan musyawarah tidak membuahkan hasil, maka kisruh politik di internal DPRD Humbahas dapat diselesaikan melalui mekanisme di lembaga legislatif itu. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com