F-PKS DPRD Medan Soroti Sejumlah Realisasi Anggaran Pemko


174 view
F-PKS DPRD Medan Soroti Sejumlah Realisasi Anggaran Pemko
Foto; Ist/harianSIB.com
DPRD Kota Medan.

Medan (SIB)

Fraksi PKS DPRD Kota Medan mempertanyakan kepada Pemko terkait realisasi pendapatan Pajak Parkir, dimana hanya terealisasi 48,41 persen.



“Kenapa hal ini bisa terjadi dan apa yang menjadi kendala di lapangan?,” kata anggota Fraksi PKPS Dhiyaul Hayati SAg MPd saat menyampaikan pemandangan umum umum fraksi ini atas Ranperda Kota Medan tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Medan tahun anggaran 2021, Senin (6/6) pada paripurna DPRD Medan.



Kepada Dinas Ketahanan Pangan F-PKS minta agar Pemko mengevaluasi program agar tidak tumpang tindih dengan OPD yang lain serta berkolaborasi dengan OPD lain dalam penanganan stunting di Kota Medan.



Terkait belanja tanah juga dipertanyakan, kenapa realisasinya rendah hanya 26,74%, padahal kebutuhan akan Ruang Terbuka Hijau (RTH) tinggi.



“Menurut data yang kami dapat, kebutuhan RTH di Kota Medan 5.303 Ha sementara baru terpenuhi 556,5 Ha, serta ada beberapa OPD yang kantornya perlu dipindahkan ke tempat yang lebih strategis. Fraksi PKS meminta penjelasannya,” kata Dhiyaul Hayati.



Dalam beberapa bulan terakhir ini menurut F-PKS, Kota Medan sering diguyur hujan. Beberapa titik masih juga mengalami banjir dan bahkan ada sebagian daerah yang sebelum tidak banjir kini terjadi banjir.



Kalau dilihat, realisasi belanja Jalan Irigasi dan Jaringan hanya terealisasi 176,88 M (54,3%). Begitu juga belanja bantuan sosial (Bansos) pada Dinas Sosial, dimana terealisasi 51,66 M (73,5%).



“Padahal di lapangan banyak dari bilal mayyit, guru magrib mengaji dan penerima bantuan sosial yang belum menerima bantuan. “Kita berharap Dinas Sosial bisa mendata dengan baik penerima bantuan sosial ini, serta di tahun selanjutnya bisa terealisasi dengan maksimal,” harapnya. (A8/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com