FPDIP DPRD Simalungun Minta Semua Masyarakat Harus Divaksin


116 view
FPDIP DPRD Simalungun Minta Semua Masyarakat Harus Divaksin
Foto Dok
Junita Veronika Munthe
Simalungun (SIB)
Untuk mencapai herd immunity, anggota DPRD Simalungun dari Fraksi PDI Perjuangan, Junita Veronika Munthe minta semua masyarakat Kabupaten Simalungun harus divaksin. Hal tersebut dikatakannya, Jumat (16/7).

"Jika ingin mencapai target herd immunity maka semua warga atau minimal 70 persen masyarakat Simalungun sudah harus divaksin. Itu kewajiban pemerintah untuk memberikan vaksin bagi masyarakatnya," ujarnya.

Karena itu, sambung Junita, Fraksi PDIP DPRD Simalungun akan mendorong Pemkab melalui Dinas Kesehatan untuk melakukan komunikasi vertikal dengan instansi terkait agar Simalungun diprioritaskan dalam pengadaan vaksin.

"Kita dorong Pemkab melakukan komunikasi aktif untuk pengadaan vaksin, sehingga kita tidak mendapatkan keluhan ketidakadilan dari masyarakat mengenai siapa dahulu yang mendapatkan vaksin," ujarnya.

Menurutnya, diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) tanpa adanya vaksinasi secara menyeluruh tidak akan efektif mengendalikan Covid-19 di Simalungun. Karena itu, di tengah pemberlakuan PKM harus dilanjutkan terus vaksinasi di setiap kecamatan hingga semua warga divaksin.

"Masyarakat harus mudah mendapatkan vaksin. Pemkab harus menyediakan itu. Jangan pilih-pilih siapa yang akan divaksin. Itu tidak fair. Semua harus divaksin tanpa diseleksi, guna mencapai target herd imunnity," kata dia.

Kepada masyarakat, Junita meminta agar aktif mendaftarkan diri ke pemerintahan nagori ataupun Puskesmas terdekat bagi yang ingin divaksin, agar membantu dinas untuk mengetahui berapa data penduduk Simalungun yang butuh dan ingin divaksin.

"Itu sangat perlu, agar diketahui secara real berapa lagi masyarakat Simalungun yang harus divaksin. Jadi, tidak ada lagi istilah pilih-pilih tentang siapa dulu yang divaksin. Semua harus merata demi kesehatan masyarakat," imbuhnya. (D5/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com