Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Festival Kuliner di Medan Perkenalkan Beragam Kudapan Khas Daerah

* Nawal Lubis Harapkan Jadi Momen Inovasi
Redaksi - Kamis, 10 November 2022 12:20 WIB
558 view
Festival Kuliner di Medan Perkenalkan Beragam Kudapan Khas Daerah
Foto: Dok/Diskominfo Sumut
FESTIVAL KULINER: Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis foto bersama usai membuka acara Festival Kuliner Sumut 2022 di Halaman Istana Maimun, Jalan Brigjend Katamso, Medan, Rabu (9/11). 
Medan (SIB)

Dimeriahkan kudapan khas berbagai daerah di Sumut, Festival Kuliner Sumut diharapkan dapat memperkenalkan berbagai kuliner daerah, serta mendorong masyarakat untuk terus melestarikan, berinovasi dan berkreasi dengan resep yang sudah turun temurun.

Harapan itu disampaikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis saat membuka secara resmi Festival Kuliner Sumut. Menurutnya Sumut terkenal dengan olahan makanan kudapannya, ada ombus-ombus, kue dangai, lumpur banda, lemang dan kue lampet. Semuanya enak dan merupakan resep turun temurun dari orangtua sejak zaman dulu yang harus dilestarikan.

"Kudapan ini adalah resep turun temurun, ini akan diminati dan bisa menjadi oleh-oleh khas daerah, jika ada sentuhan kreasi dan inovasi, tetapi tidak meninggalkan ciri khas daerah asal," kata Nawal Lubis saat membuka Festival Kuliner Sumut di Pelataran Istana Maimun, Jalan Brigjen Katamso Medan, Rabu (9/11).

Nawal juga berharap festival kuliner itu menjadi daya tarik kaum milenial untuk ikut dan menggemari makanan olahan daerah. Karena saat ini banyak makanan olahan dari luar negeri menjadi tren di kalangan milenial.

"Kita edukasi anak-anak muda agar mereka mengenal dan tidak lupa resep-resep warisan orang tua dengan inovasi dan kreativitas mengolah panganan lebih menarik dan kekinian," ujarnya.

Sementara Kadis Pariwisata Sumut Zumri Sulthony mengatakan, penyelenggaraan Festival Kuliner Sumut tahun ini lebih mengedepankan kreasi dan inovasi kudapan dengan tetap menjaga ciri khas tradisional kabupaten/kota masing-masing.

"Tahun ini kita lebih mengedepankan kudapan yang bisa menjadi ikon oleh-oleh khas dari kabupaten/kota bagi wisatawan yang hadir dengan tetap mengedepankan ciri tradisional, tetapi ada unsur kreativitas dan inovasi," katanya.[br]



Selain itu kegiatan itu juga bertujuan bisa menambah wawasan masyarakat tentang berbagai macam kuliner khas yang dilahirkan secara turun-temurun. Zumri pun berharap festival kuliner itu muncul ikon kuliner unggulan, agar wisatawan yang hadir ke Sumut punya banyak pilihan oleh-oleh khas daerah.

Festival kuliner yang bertemakan "Kudapan" tersebut diikuti sedikitnya 26 stan yang menyajikan berbagai jenis panganan kudapan khas dari berbagai daerah di Sumut, seperti godok-godok isi daging pedas, bola ubi manis dari Kabupaten Toba, tumpur banda khas Melayu Medan, onde-onde isi anyang ayam, getuk giling domino khas Labuhanbatu Utara.

Ada juga roti bolosodap, lumpur baserak khas Labuhanbatu, simanis laila, bubur pedas khas Kota Binjai, cimpa bengkuang, cimpa jaung labar, cimpa tuang khas Kabupaten Karo, togepanyabungan, keripik pisang gulo, godok-godok pisang khas Kabupaten Mandailingnatal, Cone Seafood, Casarva Sushi Saus Kerang khas Kabupaten Asahan, serta dadar tape legit, dodol kolangkaling, singkong gulung khas Kabupaten Serdangbedagai.

Hadir Ketua TP PKK Kabupaten Deliserdang Yunita Siregar, Kepala Dinas Parawisata Deliserdang Khoirum Rijal, juri dan peserta kuliner dari kabupaten/kota se-Sumut. (A13/a)






Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Underpass Gatot Subroto Medan Ditargetkan Selesai September 2024
Anaknya Meninggal Diduga Dianiaya Oknum TNI, Lenny Mengadu ke LBH Medan
Progressnya Sudah 52 Persen, Overpass akan Urai Kemacetan di Jalan Stasiun dan Drop Off Penumpang
Bentuk Tim Jaksa Gakkumdu dan Posko Pemilu, Kajari Medan Ajak Forwakum Jaga Kondusifitas Pilkada 2024
NasDem Tunjuk Rico Waas Sebagai Balon Wali Kota Medan
Kejari Medan Tahan Tersangka IB, Debitur Bank Rugikan Negara Rp 4,48 M
komentar
beritaTerbaru