Finalisasi Pemberkasan Usulan Sabam Sirait Pahlawan Nasional Diserahkan ke K2KRS Kemensos RI


224 view
Finalisasi Pemberkasan Usulan Sabam Sirait Pahlawan Nasional Diserahkan ke K2KRS Kemensos RI
(Foto: Dok Panitia)
SERAHKAN BERKAS: Sekretaris Panitia Pengusulan Sabam Sirait Menjadi Pahlawan Nasional RI Tahun 2022 Jadi Pane SPd MM didampingi Dr Togap Simangunsong dari tim panitia Jakarta, menyerahkan Finalisasi Pemberkasan Usulan Sabam Sirait Pahlawan Nasional, diterima Kasubdit di Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (K2KRS) Tri Wiyanto di ruang pahlawan, Kemensos RI, Kamis (31/3). 

Medan (SIB)

Panitia Pengusulan Sabam Sirait Menjadi Pahlawan Nasional RI Tahun 2022 sudah memfinalisasi pemberkasan dengan melengkapi berbagai dokumen pendukung. Pemberkasan dilakukan dengan maksimal, diharapkan usulan Sabam Sirait bisa diwujudkan dengan baik karena Sabam Sirait memang sangat layak jadi pahlawan nasional dengan melihat kotribusi beliau yang sangat besar bagi bangsa ini sebagai sebuah “legacy” emas.


Hal itu ditegaskan Sekretaris Panitia Jadi Pane SPd MM kepada wartawan, Minggu (3/4). Dikatakannya, panitia telah memberikan finalisasi pemberkasan mengenai dokumen Sabam Sirait jadi pahlawan nasional di Kemensos RI, Jakarta, Kamis (31/3).


Di Kemensos RI, Jadi Pane didampingi tim pendamping dari Jakarta antara lain Togap Simangunsong, Anton, Junyor Nainggolan, Yudhi Simorangkir dan Novelin Silalahi. Mereka menyerahkan buku, dokumen dan CD Audio kumpulan laporan seminar nasional yang berlangsung di Jakarta selama Maret 2022, yang diterima Kasubdit di Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (K2KRS) Tri Wiyanto di ruang pahlawan, Kemensos RI, Kamis (31/3).


“Hasil testimoni dan dukungan, dokumen foto dan audio video diserahkan sebanyak 17 eksemplar dalam bentuk buku dan CD, guna mendukung dan memperlengkapi persyaratan sebelumnya, baik kegiatan seminar lokal dan nasional di Medan, Sumatera Utara,” ungkap Jadi Pane mewakili Ketua Panitia Pengusul RE Nainggolan.


Seperti diketahui, telah berlangsung lima kegiatan cukup besar berkaitan dengan kiprah dan perjuangan Sabam Sirait semasa hidupnya. Pertama, Webiner PP GMKI, Minggu (21/3). Berikutnya, seminar Nasional yang digawangi GAMKI dan UKI, mendatangkan Keynote Speaker Mendagri Tito Karnavian bersama Hidayat Nurwahid, Dhanieswara, Yewangoe Senin (22/3) di aula FK UKI.


Kemudian, diskusi di Press Room DPR RI Senayan dengan tema: Sabam Sirait Kebebasan Pers dan Relevansinya dengan pembicara J Osdar, Bambang Harimurti, Andreas Parera dan Andoes Simbolon berlangsung Kamis (24/3) di Media Center DPR RI. Sehari kemudian, Jumat (25/3) giliran Yayasan Komunikasi Indonesia (YKI) dan PGI menyelenggarakan Seminar Nasional Kepeloporan dan Keteladan Sabam Sirait menampilkan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beserta Manuel Keisepo, Pdt Ngelow, Baktinarendra dan lainnya, di Auditerium PGI, Salemba Raya 10.


Puncaknya, Seminar Nasional di Gedung Nusantara III DPR RI Senayan menampilkan Menkopolhukham Mahfud MD (yang juga Ketua Dewan Gelar Nasional) dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Juga tampil Akbar Tanjung, Theo L Sambuaga dan lainnya. Hadir juga mewakili keluarga Maruarar Sirait. Dokumen dukungan Sabam Sirait menjadi Pahlwan Nasional dikumpulkan kemudian dibukukan dan divideokan, kemudian diserahkan ke Kemensos RI, melalui Tri Wiyanto mewakili Direktur K2KRS Dr Muhardjani yang sedang bertugas ke luar kota.


“Kami (K2KRS) akan segera memverifikasi persyaratan administrasi sehingga bisa diserahkan ke Menteri Sosial, yang nanti dilanjutkan ke Dewan Gelar Nasional. Terimakasih telah melengkapi data Sabam Sirait, kita harapkan menjadi pahlawan nasional,” ujar Tri Wiyanto sembari menjelaskan tanggal 31 Maret batas akhir pengajuan Pahlawan Nasional 2022. (A8/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com