Forkopimda Sepakat Menutup Sejumlah Objek Wisata dan Hiburan Malam di Samosir


650 view
Forkopimda Sepakat Menutup Sejumlah Objek Wisata dan Hiburan Malam di Samosir
Foto Istimewa
Ilustrasi foto Objek wisata bukit Sibea-bea.
Samosir (SIB)
Dalam rangka tindak lanjut Instruksi Gubernur Sumatera Utara Nomor: 188.54/14/INST/2021 Tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19 dan ditindaklanjuti dengan Video Conference antara Gubsu dengan Bupati/Wakil Bupati Samosir baru-baru ini.

Dalam Rapat Kordinasi (Rakor) tersebut disepakati, agar dilakukan penutupan beberapa tempat wisata dan tempat hiburan malam di Kabupaten Samosir, Forkopimda Samosir menggelar Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang di Aula Kantor Bupati Samosir belum lama ini.

Selanjutnya Wakil Bupati Martua meminta kepada seluruh tim agar secara konsisten melakukan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, baik dalam pemberlakuan kegiatan masyarakat maupun pelaku perjalanan yang datang ke Kabupaten Samosir.

Dianya juga menginstrusikan kepada seluruh camat agar terus memonitoring tempat-tempat wisata dan tempat hiburan di wilayahnya masing-masing, kendatipun tidak ada jumlah pengunjung yang terlalu signifikan (normal) tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, tegas Martua.

Dari hasil monitoring beberapa waktu yang lalu, Wakil Bupati melihat ada beberapa tempat wisata yang jumlah pengunjungnya sangat membludak dan dikhawatirkan akan meningkatkan resiko penularan Covid-19.

"Melalui hasil koordinasi tim gugus, pemerintah desa dan pihak yayasan, untuk sementara akan dilakukan penutupan di 3 (tiga) Objek Wisata yang berada di Kecamatan Harian, yaitu Air Terjun Efrata, Bukit Holbung dan Bukit Sibea-bea".

Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon menegaskan akan mendukung upaya pengendalian Covid-19 di Kabupaten Samosir.

Dikatakannya, pihak kepolisian akan tetap meningkatkan operasi rutin dengan sasaran yang sama yaitu pencegahan Covid-19 termasuk ditempat hiburan.

AKBP Josua juga meminta dukungan seluruh stakeholder, untuk mensosialisasikan kebijakan penutupan objek wisata, tempat hiburan sementara. (G2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com