GIM Dairi Cetak dan Lahirkan Ribuan Penulis serta Hasilkan 1000 Pantun


628 view
GIM Dairi Cetak dan Lahirkan Ribuan Penulis serta Hasilkan 1000 Pantun
Foto: SIB/Dok Disdik Dairi
APRESIASI : Kadisdik Dairi Jinni Waslin Purba (dua dari kanan), penerima anugerah Parasamya Suratma Nugraha tahun 2021 dari KPPJB dan penerima apresiasi literasi dari Disdik Dairi, foto bersama pada penghujung acara gebyar GIM Disdik Dairi tahun 2021, Rabu (8/12) di GOR Sidikalang.

Sidikalang (SIB)

Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakan gebyar Gerakan Indonesia Membaca (GIM) pada Rabu (8/12) di GOR Sidikalang. Dihadiri ratusan siswa dan guru serta para juara menerima tropy, sertifikat dan uang pembinaan dari lomba menulis yang telah dilombakan sebelumnya.


Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Dairi, Drs Jonni Waslin Purba menyampaikan, gebyar GIM diprogramkan akan terlaksana setiap tahunnya untuk pengembangan literasi di Kabupaten Dairi. Menurutnya, perkembangan tekhnologi saat ini diharapkan dapat diikuti seluruh masyarakat khususnya generasi muda.


“Seiring perkembangan tekhnologi saat ini, literasi tidak lagi hanya persoalan menulis dan membaca. Literasi mampu membawa dan menuntun seseorang untuk mencipta dan berkarya, sehingga bisa berguna bagi sekitarnya,” ujar Purba.


Ditambahkannya, Gerakan Literasi Nasional (GLN) mereka selenggarakan melalui GIM merupakan hasil kerja sama Dinas Pendidikan Dairi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat. Disampaikannya, gerakan literasi sekolah, gerakan literasi keluarga dan gerakan literasi masyarakat adalah kunci keberhasilan seseorang masa mendatang.


Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kemndikbud Ristek, Drs Muhibar MPd mengharapkan adanya tindak lanjut dan program berkesinambungan dari gebyar GIM tersebut, sehingga banyak masyarakat yang akan melakukan gerakan literasi membaca.


Gebyar GIM Kabupaten Dairi tahun 2021 menyelenggarakan lomba bercerita tingkat SD, SMP dan SMA, lomba menulis SD, SMP, SMA dan Guru serta lomba berpantun seluruh bahasa daerah di Indonesia dan menghasilkan 1000 pantun yang rencananya akan dibukukan.


“Kami juga memberikan apresiasi kepada 10 orang terpilih sebagai pegiat literasi di Dairi. Baru-baru ini, putra Dairi Edison P. Malau dan Ahmad Z. Ujung menerima anugerah Parasamya Suratma Nugraha tahun 2021 dari Komunitas Pengajar dan Penulis Jawa Barat. Kita berharap, penerima apresiasi ini dapat tetap bekerja dan berkarya untuk peningkatan literasi di Dairi,” tambahnya.


Purba juga menyebutkan, pihaknya telah membuat rencana induk pengembangan literasi masyarakat Kabupaten Dairi yang diserahkan kepada Kemendikbud Ristek. Diharapkannya, komunitas yang sama dengan Komunitas Pengajar dan Penulis Jawa Barat (KPPJB) dapat lahir di Dairi, sebagai motor penggerak pengembangan literasi.


“Terimakasih kepada KPPJB, demikian juga kepada penulis dan pegiat literasi Dairi, Edison P. Malau dan Ahmad Z. Ujung yang telah memberikan nama harum Dairi. Kami berharap, dapat tetap eksis dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Dairi,” imbuhnya. (B2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com