Sabtu, 20 Juli 2024

GMNI Desak Wali Kota Terbitkan Aturan Perlindungan Perempuan di Pematangsiantar

- Selasa, 11 Desember 2018 21:03 WIB
259 view
GMNI Desak Wali Kota Terbitkan Aturan Perlindungan Perempuan di Pematangsiantar
SIB/Ekoinra P Siahaan
Pematangsiantar (SIB) -Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Pematangsiantar meminta Wali Kota  menerbitkan aturan tentang perlindungan perempuan di  Pematangsiantar.

Hal itu disuarakan sejumlah mahasiswa yang unjuk rasa damai di depan Kantor Balai Kota Pematangsiantar, Senin (10/12). Mereka mendesak agar, DPRD dan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar segera membuat peraturan yang khusus, untuk melindungi perempuan.

Dalam orasinya di Kantor DPRD Pematangsiantar, Vovy Ayu Ningsih Panjaitan menyampaikan, bahwa perempuan harus dilindungi dari aksi kekerasan.

Sekretaris Cabang GMNI  Pematangsiantar Lundu F Parhusip mengatakan, Pematangsiantar adalah kota kedua yang paling terbanyak kasus kekerasan terhadap perempuan di Sumatera Utara setelah Medan.

"Harapan kita, pemerintah kota melalui Wali kota, agar mengeluarkan peraturan yang khusus, mengenai kekerasan terhadap perempuan. Karena, ketika perempuan di bawah 18 tahun mengalami kekerasan, dia masuk ke perlindungan anak," tuturnya.

Vovy juga menambahkan, untuk mengurangi kekerasan terhadap perempuan, perlu dilakukan pemeriksaan ke kos-kosan.

"Peringkat kota toleransi turun karena angka kekerasan terhadap perempuan. Tahun ini  Pematangsiantar menjadi kota toleransi ketiga di Indonesia. Tahun kemarin, Pematangsiantar  kota toleransi kedua. Itu karena adanya permasalahan perempuan. Jadi kami berharap pemerintah hadir untuk memberi perhatian khusus terhadap masalah ini," tegasnya. 

Dalam aksi yang digelar, GMNI Pematangsiantar meminta seluruh pihak membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk perlawanan terhadap kekerasan perempuan.(D12/c)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
40.000 Siswa SD dan SMP di Medan Terima Bantuan Seragam dan Perlengkapan Sekolah
IPMS Kebun Aekpamienke Khitankan 73 Anak
Microsoft Ungkap Metode Memperbaiki 'Blue Screen' Windows akibat CrowdStrike
Windows Crash ! Munculnya Layar Biru Menerjang Pengguna di Seluruh Dunia
Pj Gubernur Agus Fatoni dan Tyas Fatoni Dinobatkan sebagai Ayah dan Bunda Duta GenRe
Langkah Mudah Reaktivasi Nomor Telkomsel yang Hangus
komentar
beritaTerbaru