Gandeng PT Nubika Jaya dan Pemkab Labusel, Pemprov Sumut Gelar Pasar Murah


336 view
Gandeng PT Nubika Jaya dan Pemkab Labusel, Pemprov Sumut Gelar Pasar Murah
(Foto: SIB/Rudi Afandi Simbolon)
Berikan Minyak Goreng: Manajer PKS PT Nubika Jaya, Hendy saat memberikan minyak goreng yang dijual dengan harga lebih murah dari pasar kepada warga di Kantor Lurah Kotapinang, Kamis (25/11/2021) pagi.
Kotapinang (harianSIB.com)
Untuk membantu masyarakat, khususnya UKM yang terdampak kenaikan harga minyak goreng, Pemprov Sumut bekerja sama dengan PMKS PT Nubika Jaya dan Pemkab Labusel menggelar pasar murah minyak goreng di tiga titik di Kabupaten Labusel, Kamis (24/11/2021).

Pasar murah digelar di Kantor Lurah Kotapinang dan Kantor Desa Sisumut di Kecamatan Kotapinang, serta Kantor Desa Tanjung Medan di Kecamatan Kampungrakyat. Seperti diketahui, belakangan ini harga minyak goreng mengalami kenaikan antara Rp3 ribu hingga Rp5 ribu per liter.

Pengamatan wartawan di Kantor Lurah Kotapinang yang yang menjadi salah satu titik gelaran pasar murah, warga sangat antusias membeli minyak goreng yang diproduksi sendiri oleh PT Nubika Jaya itu. Sejak pagi warga yang umumnya ibu rumah tangga sudah berdatangan untuk membeli.

Harga yang dibandrol untuk 1 liter minyak goreng Rp15 ribu, atau lebih murah Rp3 ribu hingga Rp5 ribu dari pada di pasar. Untuk mengantisipasi pembelian secara borongan, warga dibatasi hanya boleh membeli 2 liter per orang.

Manajer PKS PT Nubika Jaya, Hendy pada kegiatan itu mengatakan, perusahannya menjadi salah satu yang ditunjuk untuk melaksanakan pasar murah. Dia berharap, melalui pasar murah ekonomi masyarakat terbantu ditengah kenaikan harga minyak goreng, terlebih dimasa pandemi saat ini.

Hendy mengakui, saat ini harga minyak goreng di pasaran mengalami kenaikan, yang salah satunya disebabkan naiknya harga bahan baku yakni Crude Palm Oil (CPO). Menurutnya, hal itu seiring dengan tingginya harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit, yang saat ini menembus harga Rp3 ribuan/Kg.

"Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif pak Gubernur yang disampaikan kepada kami. Kami kemudian berkoordinasi dengan Pemkab Labusel dan diapresiasi. Pasar murah dilakukan di tiga titik, yakni Kantor Lurah Kotapinang, Kantor Desa Sisumut, dan Kantor Desa Tanjung Medan. Di Kantor Lurah Kotapinang ini kita jual sebanyak 1.500 liter. Bukan kali ini saja, PT Nubika Jaya sering menggelar pasar murah di berbagai wilayah Kabupaten Labusel, saat harga Sembako mengalami kenaikan," katanya.

Bupati Kabupaten Labusel diwakili Kabag Administrasi Perekonomian Setdakab, Ali Siregar mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan Pemprov Sumut bekerja sama dengan produsen di 11 kabupaten/kota di Sumut, salah satunya Kabupaten Labusel. Semula kata dia, kuotanya hanya 2.000 liter, namun karena PT Nubika Jaya beroperasi di wilayah Kabupaten Labusel, maka perusahaan menambah kuota menjadi 4.000 liter.

"Yang menerima program ini kita prioritaskan kepada warga kurang mampu. Setiap tahun kami melaksanakan pasar murah dengan subsidi harga 30 persen oleh perusahaan, termasuk PT Nubika Jaya. Namun pada tahun lalu tidak dilaksanakan, karena pandemi," katanya.

Selain di Kabupaten Labusel kata dia, perusahaan Permata Hijau Group juga menggelar kegiatan serupa di Kabupaten Padang Lawas dan Kota Medan. Total minyak goreng yang didistribusikan sebanyak 18.000 liter.

Plt Lurah Kotapinang, Akhiruddin Siregar sangat berterima kasih dan apresiasi karena warganya terpilih menjadi penerima. Dia berharap program tersebut bermanfaat bagi masyarakat.

Salah seorang pembeli, Nursidah warga Lingkungan Labuhan, Kelurahan Kotapinang mengaku sangat terbantu. Menurutnya, biasanya membeli minyak goreng curah seharga Rp18 ribu hingga Rp20 ribu di pasaran.

"Ini sangat membantu kami,"katanya. (*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com