Gelar Serentak, Kapolres Binjai Ajak Warga Lansia Ikut Vaksinasi


455 view
Gelar Serentak, Kapolres Binjai Ajak Warga Lansia Ikut Vaksinasi
(Foto: SIB/M Irsan)
VAKSINASI: Warga Lansia mengikuti vaksinasi serentak yang digelar di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Kamis (17/3).

Binjai (SIB)

Dalam rangka percepatan dan penanganan vaksinasi Covid-19, Polres Binjai bekerjasama dengan Pemko Binjai dan Kodim 0203/LKT, melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat, khususnya para lansia, Kamis (17/3).


Kegiatan yang digelar di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota ini turut dihadiri Wali Kota Binjai Drs H Amir Hamzah, Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, Kapolsek sejajaran, para Kasat, Personil Kodim 0203/LKT, Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai Dr Sugianto, serta unsur pejabat lainnya di lingkungan Pemko Binjai.


"Kegiatan ini merupakan percepatan akselerasi vaksinasi untuk dosis l, ll dan lll. Sedangkan pelaksanaannya kami laksanakan di tiga tempat, yaitu di sini (Pendopo Umar Baki) diperuntukkan bagi Lansia dan masyarakat umum. Selanjutnya untuk anak usia 6-11 tahun digelar di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Binjai Utara, serta di Yon A Pelopor Brimobdasu di Kecamatan Binjai Timur," ungkap Kapolres Binjai.


Vaksinasi ini menurut Kapolres Binjai merupakan pekerjaan rutin yang selalu dilakukan pihaknya.


"Untuk target 2000 peserta. Sedangkan jenis vaksin yang kita gunakan adalah AstraZeneca, Pfizer dan Sinovac," urainya.


Diakui Kapolres Binjai, adapun capaian vaksinasi di Kota Binjai untuk dosis l yaitu 94,35 persen. Sedangkan dosis ll sudah 78,4 persen. "Artinya target herd imunity sudah tercapai," tutur Kapolres Binjai.


Saat disinggung mengapa vaksinasi ini lebih difokuskan ke lansia, pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolres Dairi ini menegaskan karena hal itu belum mencapai target.


"Karena lansia untuk dosis l sudah 75 persen, sedangkan untuk dosis ll baru sekitar 50-an persen," tegas Kapolres.


Untuk vaksinator, ungkap Kapolres Binjai, pihaknya menyiapkan 10 tim yang didatangkan dari Pemko Binjai, Dokter kesehatan Polres Binjai dan RS Kesrem Binjai. "Awalnya disini cuma 8 tim vaksinator, namun karena banyaknya antusias warga, tim vasinator kami tambah menjadi 10 tim. Sedangkan di Binjai Utara ada 6 tim dan di Yon Brimob ada 2 tim," pungkasnya.


Sebagai Kapolres Binjai, AKBP Ferio Sano Ginting mengucapkan terima kasih atas antusias masyarakat khususnya para Lansia yang telah datang dan ikut melaksanakan vaksinasi.


"Untuk lansia memang belum ada yang tervaksin. Untuk itu saya berharap kepada orangtua kita agar bersedia mendatangkan orang yang belum di vaksin. Tujuannya agar kita semua tetap sehat," terangnya.


Untuk lansia, kata Kapolres, selain pihaknya melaksanakan vaksinasi di titik yang telah ditentukan, pihaknya juga akan melaksanakannya secara door to door.


"Sebab untuk lansia tentunya perlu perhatian yang khusus. Caranya dengan membawa tim Vaksinator kerumah mereka," pungkas Kapolres Binjai.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto, mengatakan jika tim vaksinator yang diturunkan dalam kegiatan ini berjumlah 10 tim.


"Ada 10 tim yang diturunkan. Sedangkan yang diutamakan dalam vaksinasi ini adalah untuk dosis kedua dan anak-anak," terangnya. (MI/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com