Gemapsi Segel Gedung DPRD Simalungun


323 view
Gemapsi Segel Gedung DPRD Simalungun
Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang
SEGEL: Kelompok massa Gemapsi menyegel pintu masuk ruangan Ketua DPRD Simalungun di Pamatangraya, Selasa (12/10/2021).
Simalungun (harianSIB.com)

Sekelompok massa mengatasnamakan Gerakan Mahasiswa dan Pemuda Simalungun (Gemapsi) menyegel gedung DPRD Simalungun di Pamatangraya, Selasa (12/10/2021).

Aksi penyegelan tersebut sebagai bentuk kekecewaan massa karena tak satupun pimpinan maupun anggota dewan yang datang menemui pengunjukrasa.

"Ini bentuk kekecewaan kita karena mereka (DPRD) tidak ada di sini. Kita lakukan penyegelan," kata Ketua Gemapsi, Anthony Damanik.

Pada dua minggu yang lalu, Gemapsi telah melakukan unjukrasa ke DPRD Simalungun, meminta dibentuk Panitia Khusus (Pansus) DPRD untuk menyelidiki dugaan pelanggaran sumpah jabatan Bupati Simalungun.

Aksi serupa kembali dilakukan menuntut tindaklanjut pembentukan Pansus tersebut.

"DPRD sudah berjanji pada hari ini mereka membentuk Pansus, makanya kita hadir. Jangankan membentuk Pansus, mereka juga tidak datang. Sangat disayangkan sampai hari ini tidak ada Pansus," ujar Anthony.

Ada beberapa butir pernyataan sikap Gemapsi di antaranya, telah terjadi penjualan foto Bupati dan Wakil Bupati Simalungun kepada seluruh SD dan SMP di Kabupaten Simalungun dengan menggunakan uang negara lewat dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

Gemapsi juga meminta DPRD memberikan rekomendasi peninjauan ulang pengangkatan Sekretaris Daerah (Sekda) Simalungun karena sarat dengan KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme) khususnya nepotisme kemargaan.

Kelompok massa juga sempat bergantian menjadi orator di gedung rakyat itu. Sejumlah poster dibentangkan. Selama kurang lebih satu jam, massa kemudian membubarkan diri setelah menyegel pintu masuk ruangan Ketua DPRD Simalungun.

Dikonfirmasi jurnalis harianSIB.com melalui telepon, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani mengatakan, pihaknya sedang berada di Medan menindaklanjuti Ranperda RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tahun 2021-2026.

Menurut Sibarani, hasil rapat pimpinan DPRD Simalungun dan fraksi disimpulkan bahwa belum ada urgensinya (hal sangat penting) untuk membentuk Pansus seperti yang diminta Gemapsi.

"Hal ini sudah kami bawa dalam rapat pimpinan dan Ketua Fraksi, belum ada kita lihat urgensinya. Jadi, pembentukan Pansus tidak ada saya janjikan. Tapi, soal PDAM sudah ditindaklanjuti oleh Komisi 3," kata Sibarani. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com