Gempa 4,9 SR di Nias Selatan


284 view
Gempa 4,9 SR di Nias Selatan
Foto: BMKG
Ilustrasi gempa bumi.

Medan (SIB)

Wilayah Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diguncang gempa bumi, seperti dilansir dari harianSIB.com, Jumat (22/7), pukul 04:41:01 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno MSi mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9 SR.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,19° LU ; 98,32° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 70 Km arah Tenggara Nias Selatan, pada kedalaman 20 km," katanya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan ke dalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik oblique (oblique thrust fault)," ujarnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Nias Selatan dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 05.10 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya empat aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 3,6 SR.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com