Gempa 5,4 SR Guncang Aceh Jaya


163 view
Gempa 5,4 SR Guncang Aceh Jaya
Foto Dok/BMKG
TITIK GEMPA: Lokasi titim gempa bumi di Aceh Jaya, Minggu (31/7/2022). 

Medan(harianSIB.com)


Wilayah Aceh Jaya, Aceh, diguncang gempa tektonik, Minggu (31/7/2022) pukul 10.03.16 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,4 SR.


"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,27° LU ; 95,74° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 44 km tenggara Calang, Aceh Jaya, Aceh pada kedalaman 58 km," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno MSi.


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.


"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike slip)," ujarnya.


Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Aceh Besar, Banda Aceh dan Pidie dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com