Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Gempa di Tapanuli Utara Rusak Rumah Ibadah, Jalan dan Fasilitas Umum

Redaksi - Sabtu, 01 Oktober 2022 15:03 WIB
862 view
Gempa di Tapanuli Utara Rusak Rumah Ibadah, Jalan dan Fasilitas Umum
Foto SIB/Dok Dinas PUPR Taput
TERTIMBUN: Ruas jalan Salib Kasih, Kecamatan Siatas Barita, Tapanuli Utara tertimbun tanah longsor dari pebukitan akibat guncangan gempa yang terjadi, Sabtu (1/10/2022) dini hari. 
Tarutung (harianSIB.com)
Gempa berkekuatan 6,0 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (1/10/2022) dini hari, berdampak luas.
Bukan saja mengakibatkan korban jiwa meninggal dan luka-luka. Akan tetapi juga mengakibatkan kerusakan pada sejumlah fasilitas umum seperti infrastruktur jalan, sekolah dan rumah ibadah.
Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Tapanuli Utara rusak akibat kuatnya goncangam gempa tersebut. Ada ruas jalan yang retak, longsor dan tertimbun lonsoran tanah pebukitan. Selain itu bangunan sekolah juga mengalami kerusakan. Begitu juga rumah-rumah ibadah.
Kadis PUPR Kabupaten Tapanuli Utara Dalan Simanjuntak saat dikonfirmasi menjelaskan gempa menyebabkan kerusakan jalan di beberapa lokasi. Antara lain jalan amblas di Aek Siansimun Kecamatan Tarutung, badan jalan tertimbun tanah longsor di jalan menuju Salib Kasih Kecamatan Siatas Barita.
Ditambahkan, selain mengakibatkan jalan kabupaten, gempa jiga menyebabkan kerusakan jalan nasional seperti ruas jalan Tarutung menuju Sipirok di daerah Simorangkir Kecamatan Siatas Barita.
Dalan menjelaskan, atas instruksi Bupati Taput Nikson Nababan, kerusakan dan longsoran tanah di badan tersebut langsung ditangani dengan menggunakan alat berat milik Pemkab Tapanuli Utara.
Sementara untuk kerusakan badan jalan nasional telah dikoordinasikaan dengan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumutaera Utara. "Mereka berjanji akan segera tindaklanjuti," ujarnya.
Menurutnya, selain mengakibatkan jalan rusak, gempa tersebut juga menyebabkan kerusakan pada tanggul aek Sigeaon. "Yang rusak sheet pile Aek Sigeaon dan saluran irigasi Aek Sigeaon Kanan," jelasnya.[br]


Informasi yang dihimpun dari berbagai sumbar juga menyebutkan dampak gempa yang mengakibatkan kerusakan bangunan sekolah.

Kepala Desa Partali Julu Kecamatan Tarutung Posmaria Br Hutasoit mengatakan gedung sekolah SD di desanya mengalami kerusakan. Begitu juga rumah ibadah (gereja) rusak di beberapa bagian.
Kepala Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Fortunate Siagian saat dihubungi SIB melalui telepon selularnya menyebutkan gempa yang terjadi dini hari mengakibatkan rusaknya sejumlah bangunan gereja. "Sampai saat ini, data yang masuk ada beberapa gereja rusak," ujarnya.
Ia menyampaikan beberapa gedung gereja yang rusak seperti di Aek Raja Parmonangan, Pansur Napitu Siatas Barita dan gereja HKBP Tarutung Kota. (F3)


Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polres Taput Panggil TS Wanita dalam Video Mesum Mirip Oknum Pejabat Taput
Ama Anugrah Parade Koor untuk Dana Pembangunan HKBP Simalingkar B
Chikunguya Merebak di Taput, 12 Orang Terjangkit
Sekum PGI : Momen Menggerakkan Dinamika Oikumene di Daerah-daerah
Pesta Tahun Oikumene Inklusif HKBP 2024 di HKBP Resort Habinsaran Padangsidimpuan
Seorang Pekerja di Sawah Tewas Tertimpa Longsor di Desa Sibalanga
komentar
beritaTerbaru