Pengurus Batak Center Sumut Dilantik

Gubernur Bangga Orang Batak Hebat di Luar Sumut


1.647 view
Gubernur Bangga Orang Batak Hebat di Luar Sumut
(Foto: SIB/Danres Saragih)
PATAKA: Ketum Batak Center Pusat Sintong Tampubolon menyerahkan Bendera Pataka kepada Ketua Batak Center Sumut Prof Dr Robert Sibarani MS pada Pelantikan Dewan Pengurus Batak Center Sumut Masa Bakhti 2022-2027 di Gedung Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Kamis (17/11). 

Medan (SIB)

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku bangga kepada suku Batak karena banyak suku Batak yang hebat-hebat di luar Sumut.


Hal itu disampaikan Edy saat Pelantikan Dewan Pengurus Batak Center Sumut masa bakti 2022-2027 di Gedung Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Kamis (17/11).


Dijelaskan, Provinsi Sumut merupakan miniaturnya Indonesia karena memiliki banyak suku dan kebudayaan di antaranya suku Batak, Simalungun, Karo dan lainnya.


Keberagaman suku tersebut tidak dimiliki provinsi lain. "Keberagaman suku yang ada di Sumut ini tidak ada di tempat lain, kita bersuku-suku dan banyak setelah ke luar dari Sumut menjadi orang hebat-hebat," katanya.


Katanya, kalau warga yang berasal dari Sumut di luar daerah selalu dikatakan orang Batak walau bukan suku Batak. Mengapa begitu? Itu karena ciri khasnya sudah seperti itu.


Edy menyambut baik dan merasa senang dengan diadakannya acara pelantikan Batak Center Sumut.


"Bahkan dulu sudah pernah dikonsentrasikan kepada orang Batak yang berada diperantauan untuk pulang kampung halamannya dengan suatu program menyentuh yaitu Marsipature Hutanabe. Saya senang acara ini karena ciri khasnya Batak kalau saja suku Batak mau merdeka lagu kebangsaannya juga sudah ada yaitu lagu O Tano Batak," ujarnya.


Edy Rahmayadi juga menjelaskan kalau tahun 2024 Provinsi Sumut menjadi tuan rumah Pekan Olahragaraga Nasional (PON).


Pada perhelatan itu Edy mengatakan sudah membuat rancangan dan akan menunjukkan kekayaan etnis yang ada di Provinsi Sumut.


Sumut mempunyai potensi wilayah dan demografi serta potensi lainnya yang begitu luar biasa.


Kawan satu leting dari anaknya Edy Rahmayadi diketahui yang mendominasi the bestnya di Akademi Militer, Akademi Polisi diraih orang yang punya marga semua.


"Bayangkan saja bagaimana hebatnya orang Batak hanya masih satu saja yang tampil seperti Luhut Panjaitan sudah geger semua, padahal banyak lagi yang seperti itu di sini. Bahkan pesepak bola yang mendapatkan sepatu emas ternyata namanya Raja Nainggolan juga berasal dari suku Batak.


Karena itulah sejak dulu sudah ada ungkapan berfikirlah seperti orang Batak dan berbuatlah seperti orang Jawa.


Sementara usai melantik Ketua Umum Batak Center Pusat Sintong Tampubolon mengatakan, dengan terbentuknya kepengurusan Batak Center Sumut dapat memudahkan Batak Center Pusat memperjuangkan apa yang menjadi visi misi Batak Center, yaitu memotivasi orang-orang Batak agar aspiratif, kreatif dan inovatif.


Dengan pembentukan Batak Center Sumut Batak Center Pusat akan difasilitasi Batak Center yang ada di Sumut untuk melaksanakan kegiatan-kegiatannya, dengan bersinergi dengan Pemprov Sumut.


"Kita berharap Pemprov Sumut dapat memaksimalkan keberadaan Batak Center Sumut melaksanakan tugas-tugas mereka di dalam kebudayaan dan memotivasi SDM para anggota Batak Center," harapnya.


Perlu dicatat tambahnya, bahwa Batak Center mengayomi seluruh puak-puak Batak, tidak hanya Batak Toba tetapi mencakup seluruh suku Batak yaitu Angkola Mandailing, Karo, Pakpak, Simalungun dan Toba.


Sementara para anggota terdiri dari seluruh agama baik Islam, Kristen dan bahkan Permalin.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com