Gubernur Sumut Beri Bantuan Alat Pertanian di Labuhanbatu


192 view
Gubernur Sumut Beri Bantuan Alat Pertanian di Labuhanbatu
(Foto: Dok/Diskominfo)
KUNKER : Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Sekda Labuhanbatu M Yusuf Siagian, memberi hormat kepada Ketua MUI Labuhanbatu H Darwis Husin Lc, Kakan Kemenag Drs H Safiruddin Harahap, Ketua NU Labuhanbatu Ali Azhar Samosir, saat mengakhiri pertemuan dan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (5/8) sore, di Aula Asrama Haji Rantauprapat. 
Rantauprapat (SIB)
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Rabu (4/8) mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Labuhanbatu agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi Covid-19. Prokes sangat penting untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19) yang masih terus melanda Sumatera Utara.

Kunjungan kerja gubernur di Kabupaten Labuhanbatu, disambut hangat pemerintah daerah, Sekda M Yusuf Siagian bersama para kepada dinas dan kepala badan. Pada kesempatan itu, gubernur juga bertemu para kepala desa, lurah dan camat di Aula Asrama Haji, Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat. Pertemuan itu berthema “Membangun Desa, Menata Kota Menuju Sumatera Utara yang Agraris dan Bermartabat.”

Dalam pertemuan tersebut, gubernur mendorong para kepala desa untuk terus berinovasi memanfaatkan potensi desa masing-masing untuk kesejahteraan masyarakat. "Para kepala desa supaya dapat lebih memanfaatkan potensi desa, seperti peternakan dan pertanian untuk meningkatkan sumber daya desa sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat desa,” sebut Edy.

Dia menyebutkan, desa memiliki anggaran yang cukup besar dari dana desa (bersumber dari pemerintah pusat) dan alokasi dana desa (sumber dana APBD) yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Desa memiliki uang. Untuk itu, kepala desa harus mampu menciptakan peluang untuk meningkatkan produksi serta kebutuhan pangan dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada, dari sektor pertanian dan peternakan,” jelasnya.

Dia berharap dengan dana desa yang lumayan besar pada beberapa tahun ini, mampu mendukung pemerintah membangun desa menata kota menuju Sumut yang agraris dan bermartabat.

"Karena upaya yang kita lakukan adalah harapan rakyat. Rakyat kita tidak kenyang makan politik, melainkan makan pangan dan sandang dan ingin anaknya bisa sekolah," ungkap Edy yang juga didampingi isteri selaku Ketua PKK Sumut, Ny Nawal Lubis.

Gubernur juga mendorong Pemkab Labuhanbatu untuk terus berupaya menyejahterakan masyarakatnya, sehingga masyarakat mampu memenuhi sandang dan pangan. Menurutnya, Bupati Labuhanbatu cukup lebih fokus menyejahterakan sandang dan pangan masyarakat.

"Labuhanbatu merupakan daerah kabupaten yang makmur dan memiliki sumber daya alam (SDA) yang tinggi. Maka pemimpin Labuhanbatu ke depan harus mampu menyejahterakan masyarakat, sandang dan pangan," kata Edy.

Seusai menyampaikan bimbingan, Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan alat pertanian dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Pemprov Sumatera Utara tahun anggaran 2021 kepada kelompok tani. Bantuan berupa 2 unit cultivator, 2 unit hand traktor, 8 unit hand sprayer dan alat penyemprot hama. Gubernur juga memberikan 98 paket bantuan berisi beras 5 Kg, gula 1 Kg, minyak goreng 1 Kg dan bubuk teh 1 pack.

Pertemuan itu dihadiri Wakapolres Labuhanbatu Kompol M Taufik, mewakili Dandim 0209/LB, pimpinan DPRD Labuhanbatu, Ketua MUI H Darwis Husin Lc, Kakan Kemenag Drs H Safiruddin Harahap, Ketua NU Labuhanbatu Ali Azhar Samosir, Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, para asisten dan kepala OPD, ormas FKPPI serta undangan lainnya dengan protokol kesehatan Covid-19. (E5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com