Gubernur Sumut Teken MoU dengan BPJamsostek, Berikan Jaminan Sosial Bagi Kelompok Rentan dan Miskin


232 view
Gubernur Sumut Teken MoU dengan BPJamsostek, Berikan Jaminan Sosial Bagi Kelompok Rentan dan Miskin
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
MoU: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Panji Wibisana, Baharudin Siagian, Mulyadi Simatupang dan lainnya foto bersama usai penandatanganan MoU dengan BPJSTK Kantor Wilayah Sumbagut di lantai 10 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan, Senin (18/7). 

Sementara Deputi Direktur BPJamsostek Wilayah Sumbagut Panji Wibisana mengungkapkan yang termasuk pekerja sektor informal dan terindikasi miskin ekstrim seperti nelayan, petani, penggali kubur, penjaga masjid dan bilal mayit.

Kelompok ini banyak yang belum tersentuh jaminan sosial.

"Oleh Gubernur Sumut para pekerja yang disebutkan tadi diberikan jaminan sosial ketenagakerjaan, karena ini adalah hak normatif bagi pekerja. Apakah formal maupun informal. Makanya OPD terkait seperti Disdik untuk guru honor, juga misalnya penyuluh pertanian. Begitu juga di Dinas Kelautan dan Perikanan untuk nelayan atau petambak, bisa diikutkan ke program jaminan sosial ketenagakerjaan," jelasnya.

Untuk program awal lanjut Panji adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Untuk JKK adalah pada saat berangkat kerja, bekerja dan perjalanan pulang. Sedangkan untuk JKM tanpa memandang apa penyebab kematiannya.

Senada dengan itu Kadis Tenaga Kerja Sumut Baharuddin Siagian mengatakan, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan saat ini menyasar para nelayan. Untuk selanjutnya menyentuh pekerja setor informal lainnya. Untuk biaya jaminan Rp16.800 per bulan.

"Dengan adanya jaminan sosial ketenagakerjaan ini pekerja atau pemberi kerja akan berkurang bebannya," kata Baharuddin.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com