Persiapkan Expo Rempah Dunia 2021 di Parapat

Gubernur Tetapkan Pengurus Dewan Rempah Indonesia (DRI) Sumut

* Ketua Nawal Lubis, Wakil Ketua Khairul Mahalli

303 view
Gubernur Tetapkan Pengurus Dewan Rempah Indonesia (DRI) Sumut
Foto Istimewa
Nawal Lubis (ketua TP-PKK Sumut) 
Medan (SIB)
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menetapkan susunan pengurus Dewan Rempah Indonesia (DRI) Provinsi Sumatera Utara periode 2021-2025 dengan surat keputusan (SK) Nomor 188.4/609/Kpts/2021 tertanggal 6 Oktober 2021.

Edy Rahmayadi bersama wakilnya Musa Rajekhsah langsung sebagai dewan pembina, sementara Sekretaris Daerah Provsu dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan sebagai dewan penasehat (ex officio). Adapun dewan pengurusnya adalah Nawal Lubis (ketua TP-PKK Sumut) sebagai ketua, Khairul Mahalli (Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Sumut) sebagai wakil ketua bersama Kepala Dinas Perkebunan Provsu, Kepala Biro Perekonomian Setdaprovsu, dan Junita Hutagaol dari Dinas Perkebunan Provsu.

"Kita bersyukur Gubernur Sumut sangat mengakomodir persiapan dan kesiapan Sumut sebagai tuan rumah bursa rempah Indonesia dalam expo rempah dunia (Indonesian Spices Bussiness Forum and Expo--ISBFE) World 2021 di Parapat pada 10-13 Desember mendatang. Dengan terbitnya SK ini, agenda dan kesiapan kita Dewan Rempah Indonesia (DRI) Provinsi Sumatera Utara dan DRI Pusat semakin mantap dan semangat menyongsong kembalinya era kejayaan rempah dan meningkatkan mutu produktivitas dan daya saing hasil rempah di Provinsi Sumatera Utara," ujar Khairul Mahalli kepada pers di Medan, Sabtu (9/10).

Dengan mengutip salah satu poin pernyataan Gubernur Sumut dalam naskah konsiderasi SK tersebut, Khairul Mahalli yang juga Ketua Umum Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia (GPEI) sangat mengapresiasi kepekaan Pemprovsu terhadap sejarah komoditas perkebunan tanaman rempah lokal yang pernah mengalami kejayaan dan keemasan dalam perekonomian daerah Sumut, termasuk produksi dan prospek rempah asal bumi Toba-Tapanuli dulunya.

Komoditas rempah nasional mempunyai peran strategis, karena pengembangan komoditas ini tidak hanya terkait aspek ekonomis, geografi, demografi dan ekologi, tetapi juga dari sisi histori serta sosiologi dalam membangkitkan ekonomi.

Namun, dalam dekade terakhir terjadi penurunan prospek perempahan Sumatera Utara sehingga memerlukan penanganan yang terintegrasi, holistik dan berkelanjutan dalam meningkatkan perekonomian daerah.

Komposisi pengurus DRI Sumut juga dilengkapi dengan barisan dewan pakar yang dipimpin Dr Tumiur Gultom SP MP (Universitas Negeri Medan) sebagai kordinator. Anggotanya adalah Dr Ir R Sabrina MSi (eks Sekdaprovsu), Prof dr Amri Amir SpF(K) DFM SH Sp. Akup (Kadin Sumut), Prof Ir Harmen Nasution (Kadin Sumut), Dr Wahyu Utomo SE (Kadin Sumut dan ekonom USU), serta Kabir Bedi ST MBA juga dari Kadin Sumut.

DRI Sumut juga meliputi bidang atau kompartemen, yaitu bidang promosi dan pemasaran dengan kordinator Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provsu. Anggota: Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu, Kepala Dinas Kornunikasi dan Informatika Provsu, Yulidar Bugis (lkatan Pengusaha Muslimah Indonesia Sumatera Utara), Clement HJ Gultom (Kadin Sumut dan ASITA Sumut), Madvoy (Kadin Sumut) dan M. Hidayat dari Kadin Sumut.

Bidang Perencanaan, Pengawasan, Monitoring dikordinatori Kepala Dinas Tanaman Pangan dan HortikulturaProvsu, dengan anggotanya Kepala Bappeda Provsu, Moh. Rachmat Takavina (Kadin Sumut), Idham Ch. Dalimunthe (Kadin Sumut) Ir Ruth Kristina Tarigan (Dinas Perkebunan Provsu), dan Lisma Wati Hanani SP dari Dinas Perkebunan Provsu.

Bidang Standarisasi dan Pemberdayaan Masyarakat dikordinir Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provsu, Kepala Dinas Kehutanan Provsu, Kepala Balai Besar Pengawasan Obat danMakanan (BB POM) Sumatera Utara, Kepala UPT Tanaman Hias dan Biofarmaka Provsu, Ujina Sianturi (Kadin Sumut) dan Bambang Elkadi P (Kadin Sumut).

Biro Bantuan Hukum dikordinir Kepala Biro Hukum Setdaprovsu bersama Rikki Josua Silitonga SHMKn dari Kadin Sumut.

Bidang ICT (Information, Communication, Technology dikordinir Endhy Fajar Supriadi dengan anggota Kepala Balai Pengkajian Tehnologi PertanianProvsu, Drs Frans E Sihombing dan Dr Suprayitno MHum dari Kadin Sumut. (A5/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com