Gubernur dan Forkopimda Sumut Kunjungi Kabupaten Asahan Cek Kesiapan Arus Mudik Lebaran


208 view
Gubernur dan Forkopimda Sumut Kunjungi Kabupaten Asahan Cek Kesiapan Arus Mudik Lebaran
(Foto: harianSIB.com/Mangihut Simamora)
KUNJUNGAN: Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, bersama Gubernur Sumut dan Bupati Asahan memberikan keterangan kepada wartawan terkait kunjungan ke Asahan terkait kesiapan menyambut Idul Fitri 1443 H, Senin (25/4/2022). 

Kisaran (harianSIB.com)

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama unsur Forkopimda mengunjungi Kabupaten Asahan untuk mengecek jalur KA, jalan raya, obyek wisata dan pengamanan arus mudik Idul Fitri 1443 H, Senin (25/4/2022).


Kedatangan Gubernur bersama unsur Forkopimda Sumut di antaranya, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Kajati Idianto, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin tersebut, menggunakan kereta api disambut Bupati Asahan H Surya, beserta Forkopimda yakni Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira, Kejari Dedyng Wibianto, Ketua PN Kisaran Nelson Angkat, Dandim 0208/AS Letkol Inf Frangki Susanto.


Surya menjelaskan kesiapan Pemkab Asahan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri H. “Forkopimda di Asahan kompak dan selalu melakukan rapat dan pertemuan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 serta Idul Fitri 1443 H,” ujarnya.


AKBP Putu dalam laporannya mengatakan mereka menyiapkan 292 personel terdiri dari Polres Asahan, BKO Sat Brimob, Sub DEM POM Asahan, Kodim 0208, Satpol PP, Dishub, Dokkes, Senkom, Pramuka, Damkar dan Derek.


“Semua personel Ops Ketupat Toba 2022 ini akan dibagi ke 5 Pos Pengamanan (Pos PAM) dan Pos Pelayanan (Pos Yan) yang telah disiapkan, yakni di Pos PAM Meranti, Pos PAM Simpang Kawat, Pos PAM Aek Ledong, Pos Yan Simpang Katarina dan Pos Terpadu Kota Kisaran,” jelas Putu.


Selain itu, lanjut Putu, pihaknya telah mencatat daerah yang rawan kemacetan dan longsor sehingga berpotensi menjadi masalah. Untuk titik yang rawan macet telah diantisipasi, bahkan jika diperlukan sudah dipersiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi laka lantas.


“Guna mewujudkan hal itu, kita telah siapkan mobil derek dan escavator dari Pemkab Asahan apabila terjadi masalah sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan,” jelasnya.


Sementara itu, Gubernur menyampaikan terima kasih kepada bupati dan Forkopimda Asahan atas kesiapan menyambut Idul Fitri H. Edy juga meminta maaf karena dirinya bersama Forkopimda berkeinginan memperbaiki seluruh jalan, tapi karena segala hal dimulai dari administrasi, persiapan dan yang lainnya tidak bisa terealisasi. Edy pun menyadari, perbaikan jalan merupakan kebutuhan rakyat dan dia telah berusaha untuk itu.


"Khusus di Asahan, ada 33 kilometer yang harus segera diaspal. Ini akan dilakukan di pertengahan Mei atau awal Juni 2022. Nanti kita lihat lagi,” katanya.


Kapolda Sumut kepada wartawan menjelaskan Polri dibantu TNI dan aparatur lainnya siap mengamankan Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat yang hendak mudik dijamin akan aman ketika melakukan mudik.


Bahkan, sebut Panca, untuk daerah rawan tertentu telah disiagakan penembak jitu atau sniper. Tidak hanya aman, masyarakat yang hendak mudik juga akan nyaman saat melintas di jalan meski masih ada yang rusak.


“Terkait sarana dan prasarana, meski belum semua diperbaik tetapi saya pastikan kondisi jalan layak untuk dilalui,” kata Panca.(*)

Penulis
: Mangihut Simamora
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com