Gunung Sinabung Terus Erupsi, Zona Merah Terus Diberlakukan


468 view
Tanah Karo (SIB)- Gunung Sinabung terus mengalami erupsi dalam beberapa hari terakhir. Sabtu pagi, tercatat sudah dua kali erupsi terjadi.
"Hingga pagi ini saja, sudah dua kali erupsi," kata Ardi, staf Pos Pemantauan Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Sabtu (11/3).

Erupsi pertama terjadi pukul 02.14 WIB, tetapi ketinggian kolom abu vulkaniknya tidak terpantau akibat tertutup kabut. Sedangkan erupsi kedua terjadi pukul 07.10 WIB dengan ketinggian semburan abu vulkanik hingga 2.800 meter.

Namun dua erupsi pada Sabtu pagi itu tidak mengeluarkan awan panas yang dapat mengancam keselamatan jiwa manusia. Meski tidak mengeluarkan awan panas, tetapi PVMBG dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memberlakukan zona merah atau wilayah yang tidak boleh dimasuki warga.
Secara keseluruhan, zona merah tersebut diberlakukan sejauh 3 km dari puncak Gunung Sinabung, tetapi radiusnya diperluas untuk sektor tertentu.
Untuk sektor selatan-tenggara, zona merahnya ditetapkan hingga 7 km, sektor tenggara-timur 6 km, dan sektor utara-timur laut 4 km.

Penambahan radius zona merah tersebut diberlakukan karena sektor itu sering dilintasi awan panas yang keluar dari erupsi Gunung Sinabung.
Pemberlakuan zona merah itu tetap diberlakukan karena Gunung Sinabung terus mengeluarkan erupsi.

"Kemarin (Jumat, 10/3) saja, ada empat kali erupsi," ujar Ardi. (merdeka/f)

Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com