Peringati Hari AIDS se-Dunia di Balige-Toba,

HKBP AIDS Ministry Kerahkan 30 'Parbeca' Kampanyekan Three Zero 2030


190 view
HKBP AIDS Ministry Kerahkan 30 'Parbeca' Kampanyekan Three Zero 2030
Foto : Dok/ HAM-Balige
HARI AIDS SEDUNIA : Sejumlah beca bermotor di Kota Balige Kabupaten Toba dipandu mobil pikab panitia sedang mengikuti devile atau arak-arakan peringatan HARI AIDS SEDUNIA tingkat Kabupaten Toba yang digelar HKBP AIDS MINISTRY (HAM) dipimpin Diakones Berlina Sibagariang, Rabu (1/12) kemarin.
Medan (SIB)
HKBP AIDS Ministry (HAM), menggelar penyuluhan serta pencegahan HIV AIDS, Rabu (1/12) kemarin guna memperingati Hari AIDS se-Dunia tingkat Kabupaten Toba, dengan mengerahkan 30 unit beca (parbeca) untuk mengampanyekan 'Ending AIDS 2030' sebagai misi akhiri AIDS pada 2030.

Sekretaris Eksekutif HAM Diakones Berlina Sibagariang, menyebutkan thema Hari AIDS se-Dunia tahun ini yaitu: 'Akhiri AIDS, Cegah HIV, Akses untuk Semua' adalah pesan dan harapan internasional agar pada 2030 nanti akan terwujud kondisi Three Zero (Tiga Nol), yaitu nol infeksi HIV baru, nol kematian akibat HIV dan nol stigma diskriminatif terhadap para penderita atau eks penderita HIV-AIDS yang disebut Orang dengan HIV-AIDS (ODHA).

"Dengan aturan Prokes Covid-19, kita HKBP AIDS Ministry ikut memperingati Hari AIDS se-Dunia secara sederhana tapi bermakna dan manfaat. Kampanye ending AIDS 2030 kita gaungkan bersama 30 pengemudi beca berupa defile kecil melintasi 13 rute Kota Balige. Selain panitia, beberapa penumpang beca itu adalah orang-orang yang pernah kena HIV-AIDS yang kini sudah pulih dengan tampilan percaya diri dan hidup optimis tanpa stigma lagi," katanya kepada SIB melalui hubungan seluler dan virtual dari Balige, Rabu (1/12).

Defile barisan beca yang dimulai (start) dari Gedung Serbaguna HKBP di Balige itu cukup menarik perhatian publik sekitar ketika melintasi rute-rute: kantor Telkom, Simpang Tugu Juara Monang, Bundaran Tugu DI Panjaitan, Pasanggrahan, Muliaraja, Tanah lapang, Pelabuhan, jalan Siliwangi hingga keluarnya dari gereja Katholik menuju kompleks kantor bupati, lalu bubar ketika balik ke arah kota.

Selama defile, panitia membagi-bagikan pita, stiker dan brosur tentang sosialisasi cegah HIV-AIDS, kepada warga sekitar yang dilintasi. Selain berisikan pesan Hari AIDS se-Dunia dengan thema Ending AIDS 2030, brosur dan stiker khusus yang disebar pihak HAM berisikan pesan: Dukung Orang-orang dan Anak dengan HIV-AIDS, untuk mendapatkan haknya. Pesan ini juga merupakan harapan para ODHA yang tercetus pada buku berjudul "ODHA Bukan Akhir Segalanya" yang diprakarsai dan diterbitkan Tim HKBP AIDS Ministry tahun lalu.

"Dengan peringatan Hari AIDS Internasional (sedunia) setiap tanggal 1 Desember, khususnya untuk tingkat Kabupaten Toba, digelar kerjasama dengan Pemkab Toba dan Departemen Diakonia HKBP. Kita mengajak dan mendorong masyarakat untuk menghentikan stigma negatif yang cenderung diskriminastif bahkan terkesan menghakimi kalangan ODHA atau ODHIV selama ini, karena mereka adalah bagian dari kita juga," katanya. (A5/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com