Hampir Dua Tahun Berstatus Tersangka, Mantan Dirut PD PAUS Tidak Ditahan Kejari Pematangsiantar

*Kasi Pidsus: Berkasnya Sudah P21

440 view
Hampir Dua Tahun Berstatus Tersangka, Mantan Dirut PD PAUS Tidak Ditahan Kejari Pematangsiantar
Foto Dok
Dostom Hutabarat
Pematangsiantar (SIB)
Hampir dua tahun lamanya, namun mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pembangunan Aneka Usaha (PD PAUS) inisial HS ditetapkan tersangka korupsi penyertaan modal di PD PAUS, namun hingga kini tak kunjung ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematangsiantar.

Tersangka HS yang berstatus ASN itu, masih bebas menghirup udara segar melaksanakan tugas sehari-hari di salah satu instansi pemerintahan di Kota Medan Sumatera Utara itu menuai pertanyaan kalangan publik.

Menanggapi hal itu, Kasi Pidsus Kejari Pematangsiantar, Dostom Hutabarat saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (6/4) pagi sekira pukul 10.30 WIB, seperti dilansir dari harianSIB.com, menyatakan berkas perkara mantan Dirut PD PAUS itu sudah P21.

" Kalau berkasnya kini sudah lengkap (P21) dan tinggal tahap (II) untuk dilimpahkan pertengahan bulan April ini, " kata Dostom beralasan.

Saat disinggung apa kendala hingga begitu lama tersangka mantan Dirut PD PAUS itu tak tahan? Kasi Pidsus memberikan penjelasan tentang kendala tidak ditahan. Dia hanya mengutarakan, penanganan perkaranya ada keterlambatan, karena keterbatasan personel, ada beberapa saksi kunci di bagian keuangan di PD PAUS ternyata telah meninggal.

Sebelumnya diberitakan, mantan Dirut PD PAUS inisial HS terjerat kasus korupsi dana penyertaan modal PD PAUS tahun 2014 Rp 4 miliar yang mengakibatkan kerugian negara berkisar Rp 500 juta sesuai hasil pemeriksaan kejaksaan. Tetapi setelah di audit Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Sumatera Utara (Sumut), didapat kerugian negara ditaksir ratusan juta lebih dari perkara kasus korupsi yang menimpa tersangka. (SS14/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com