Hampir Seluruh Lampu Jalan di Ibu Kota Simalungun Tak Berfungsi


322 view
Hampir Seluruh Lampu Jalan di Ibu Kota Simalungun Tak Berfungsi
(Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang)
MUSRENBANG: Lurah Sondiraya, Bill Morgand Saragih (berdiri) menyampaikan penjelasan terkait lampu jalan pada Musrenbang di Kantor Lurah Sondiraya, Rabu (12/1/2022).

Simalungun (harianSIB.com)

Hampir seluruh Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Kelurahan Sondiraya, ibu kota Kabupaten Simalungun, tak berfungsi sehingga rawan kriminalitas.


Hal itu terungkap pada Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) tingkat kelurahan di Kantor Lurah Sondiraya, Rabu (12/1/2022).


Sembilan kepala lingkungan (Kepling) di Kelurahan Sondiraya membeberkan tidak berfungsinya LPJU. Bahkan, lampu jalan di Lingkungan V Hapoltakan di sekitar perkantoran Bupati Simalungun juga mengalami hal yang sama.


"Perlu pemasangan lampu jalan setidaknya 20 titik di Hapoltakan. Jika masih gelap maka berpotensi menimbulkan pencurian," kata Kepling V Hapoltakan Abdul Manan Saragih.


Keluhan serupa juga diungkapkan Kepling I Sondiraya Hotmatuah Saragih, Kepling II Pasman Saragih dan 6 orang Kepling lainnya. Sejumlah jalan protokol disebut menjadi gelap gulita akibat LPJU tak berfungsi.


"Mayoritas lampu jalan di Lingkungan I tidak ada yang hidup seperti di Jalan Jombit, Jalan Jarab dan sebagainya. Pemasangan lampu jalan sangat dibutuhkan," kata Hotmatuah.


Para kepling tersebut meminta diprioritaskan pemasangan lampu jalan. Selain itu, pembangunan parit pasangan, perbaikan jalan, pengadaan tong sampah dan sejumlah aspirasi lainnya.


Lurah Sondiraya Bill Morgand Saragih mengatakan, seluruh aspirasi tersebut ditampung dan akan dibawa ke Musrenbang tingkat kecamatan.


"Kita akan kawal pada Musrenbang tingkat kecamatan. Visi-misi Pemerintah Kabupaten Simalungun, rakyat harus sejahtera," ujarnya.


Menurut Morgand, pembangunan bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi tanggungjawab bersama mulai dari perencanaan, pembangunan hingga menjaga dan merawat hasil pembangunan. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com