Mendag Lutfi dan Gubernur Edy Rahmayadi Tinjau Pasar

Harga Bahan Pokok Stabil di Sumut, Terbaik di Sumatera

* Mendag Janji akan Bereskan Pasar Belawan

156 view
Harga Bahan Pokok Stabil di Sumut, Terbaik di Sumatera
Foto : Dok/Diskominfo Medan
TINJAU PASAR : Mendag RI Muhammad Lutfi didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM meninjau pasar tradisional Belawan di Jalan Jawa, Kelurahan Bahari II, Kecamatan Medan Belawan, Sabtu (1/5).
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mendampingi Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi meninjau Pasar Rakyat Jalan Jawa Belawan Kota Medan dan Pasar Raya Medan Metropolitan Trade Centre (MMTC) Kabupaten Deliserdang, Sabtu (1/5).

Usai peninjauan pasar, Mendag Lutfi menyampaikan, bahwa harga bahan pokok di daerah ini stabil dan memuji kinerja Gubernur Edy Rahmayadi. Bahkan, menurutnya, harga bahan pokok di Sumut merupakan salah satu yang terbaik, stabil, dan terjangkau di Sumatera.

“Harga bahan pokok di Sumut merupakan salah satu yang terbaik, stabil dan terjangkau di Sumatera. Mudah-mudahan hal ini menjadi bekal dalam menghadapi puasa dan lebaran supaya lebih khusyuk dalam beribadah,” ujar Mendag.

Hasil pantauan di Pasar Jawa Belawan menunjukkan harga beras medium Rp10.000–11.000/kg, beras premium Rp12.000–13.000/kg, gula pasir curah Rp13.000/kg, tepung terigu Rp10.000/kg, minyak goreng curah Rp14.000/kg setara Rp12.600/liter, minyak goreng kemasan Rp13.000/liter, daging ayam Rp28.000/kg, daging sapi Rp125.000/kg, telur ayam ras Rp21.000/kg, cabe merah keriting Rp24.000/kg, cabe rawit merah Rp40.000/kg, bawang merah Rp28.000/kg, dan bawang putih Rp24.000/kg.

Sementara di Pasar Raya MMTC, harga komoditas hortikultura cabe merah keriting tercatat sebesar Rp20.000/kg, cabe rawit merah Rp35.000/kg, bawang merah Rp25.000/kg, bawang putih Rp24.000/kg, dan kentang lokal Rp10.000/kg.

Saat meninjau pasar, Mendag Lutfi dan Gubernur Edy juga mengunjungi satu demi satu pedagang, sambil berdiskusi. Pedagang menyampaikan harapannya kepada Gubernur dan Menteri agar ke depan harga di pasar bisa tetap stabil, sehingga pedagang tidak merugi.

Gubernur Edy Rahmayadi mengakui bahwa kondisi ekonomi di daerah sedikit terganggu akibat pandemi dan berdampak pada pembeli yang sedikit.

“Menjelang lebaran ada kenaikan sedikit itu wajar, apalagi ditambah dengan kondisi pandemi seperti saat ini. Kalau kita bisa atur yang jualan dan yang belanja, insya Allah, semua akan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Saat melakukan peninjauan ke pasar, Menteri Lutfi dan Gubernur Edy juga turut didampingi Wali Kota Medan Bobby Nasution, Wakil Bupati Deliserdang Ali Yusuf Siregar, Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto, dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra.(A13)

Akan Bereskan
Sementara itu, di Pasar Rakyat Jalan Jawa Belawan, Mendag menerima keluhan petugas dan meminta para pedagang untuk bersabar. Mendag berjanji kepada Wali Kota Medan akan membereskan permasalahan Pasar Belawan di Jalan Jawa itu, sehingga menjadi lebih baik dan lebih nyaman bagi pedagang maupun pembeli.

“Kita akan menyiapkan pasar-pasar tradisional bisa bersaing dengan pasar modern, agar dapat memberikan nafkah dan pendapatan yang baik kepada penjual serta kenyamanan kepada pembeli. Mudah-mudahan akan dikerjakan pada tahun anggaran yang akan datang. Pada kesempatan pertama, kita akan bereskan administrasinya dan saya akan tulis surat langsung kepada Menteri PUPR agar dianggarkan sehingga bisa dimulai pengerjaan renovasinya,” jelasnya.

Sementara Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengungkapkan, jumlah pedagang yang berjualan di Pasar Belawan Jalan Jawa ini sebanyak 300 orang, sedangkan yang berjualan di luar pasar sekira 400 pedagang. Diakui, Pemko Medan sudah memiliki detail engineering design (DED) untuk pasar tradisional Belawan.

“DED Pasar Belawan sudah ada, Jika sudah dibangun nanti, kami berharap pasar ini nanti dapat menampung 600-700-an pedagang. Dengan begitu akan membuat pedagang dan pembeli lebih nyaman,” terangnya.

“Rencana pembangunan pasar ini sudah lama diajukan, DED-nya juga sudah ada, tentunya selama masa pembangunan relokasi untuk pedagang sudah kita pikirkan. Alhamdulillah, Bapak Menteri dan Gubernur sudah meninjau langsung. Mudah-mudahan pembangunan pasar tradisional Belawan ini bisa segera dilaksanakan di anggaran tahun depan,” harapnya. (A13/A16/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com