Harga Beras Melambung di Tebingtinggi, Masyarakat Menjerit


197 view
Harga Beras Melambung di Tebingtinggi, Masyarakat Menjerit
(Foto harianSIB.com / Japet Arki Bangun).
JAJAKAN : Seorang pedagang saat melayani pembeli beras perkilo efek terjadi kenaikan harga beras yang signifikan, Selasa (12/9) di Pasar Gambir, Jalan Iskandar Muda. 
Tebingtinggi (SIB)
Harga beras di Tebingtinggi melambung, per kilogaramnya naik rata-rata Rp 5 ribu di beberapa pasar tradisional.
Amatan SIB, di Pasar Tradisional Gambir, harga beras dari beragam merek kenaikannya merata sehingga para pedagang meniasati kenaikan tersebut dengan menjualnya perkilo.
"Pembelian beras perkarung menurun drastis karena harganya naik. Kita terpaksa menjual perkilo untuk memenuhi kebutuhan pembeli," kata seorang pedagang Pasar Gambir, Br Sitorus kepada SIB, Selasa (12/9).
Diakuinya, kenaikan harga beras berdampak pada penjualannya. Sebab sebelum kenaikan seharinya mampu menjual 20 karung tapi karena naik penjualan hanya mencapai 5 - 7 karung.
"Berbagai merek beras naik mencapai Rp 3 - 5 ribu perkilonya, jadi sangat mempengaruhi daya beli," ungkapnya.
Sementara itu, pembeli yang bernama Evi Marchelina Br Munthe mengakui kenaikan beras sangat menyulitkan. Saat sekarang kita 'menjerit' dengan keadaan ini
"Beras menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari, dengan naiknya harga maka keperluan rumah tangga pasti berkurang. Kenaikan ini harus segera diatasi pemerintah," harapnya.
Terkait kenaikan harga beras, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM, Zahidin, membenarkan adanya kenaikan beras di Tebingtinggi. Untuk beras Bulog merek stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) seharga Rp 53.000 per 5 kg, terdapat kenaikan dari harga sebelumnya.
"Beras Bulog SPHP sebelumnya di harga Rp 45 ribu perkilo, sekarang naik Rp 8 ribu perkilo," ucapnya.
Untuk mengantisipasi kenaikan ini, Pemko Tebingtinggi akan melakukan pemantauan dan menggelar kembali Pasar Pengendalian Harga (PPH) tutupnya. (BR3/r)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com