Rabu, 12 Juni 2024 WIB

Harga Beras di Karo Naik, Disperindag akan Gelar Pasar Murah

Redaksi - Sabtu, 23 September 2023 20:15 WIB
222 view
Harga Beras di Karo Naik, Disperindag akan Gelar Pasar Murah
(Foto/Dok/SS)
HARGA BERAS:  Harga Beras  naik di  Kota Berastagi, Kabupaten Karo, Jumat (22/9).
Karo (SIB)
Harga beras di pasaran sejak beberapa pekan terakhir tembus Rp15 ribu per Kgnya. Pedagang berharap harga beras bisa kembali normal.
Hal ini diungkapkan seorang pedagang beras di Pasar Berastagi, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Arni br Sembiring, Jumat ( 22/9).
"Harga beras medium Rp10 ribu per Kgnya, sementara harga sebelumnya hanya Rp8.500 per Kg. Untuk beras matahari seharga Rp15 ribu/Kg, sebelumnya Rp12 ribu per Kg," kata Arni.
Arni mengatakan, naiknya harga beras belakangan ini sangat mempengaruhi omzet penjualannya. Pasalnya, jumlah pembeli mengalami penurunan yang cukup signifikan. Termasuk penjualan kepada langganan yang biasa mengambil beras di warungnya, jumlahnya juga berkurang. Penjualan sebelumnya mencapai 1 ton, kini hanya 250 Kg.
“Warga yang biasanya mencari beras ukuran 25 Kg per karung, kini ukuran 5 Kg. Pembeli membeli beras sedikit-sedikit. Karena jika beli banyak, mereka takut harga beras kembali turun,” kata Arni.
Kepala Disperindag Karo, Hendrik P Tarigan yang dimintai konfirmasi mengatakan, pihaknya bersama Bulog akan menggelar operasi pasar.
"Kami masih menunggu kejelasan dari Bulog terkait stok beras. Jika nanti sudah mencukupi di gudang Bulog, kita akan melaksanakan pasar murah," ujar Hendrik.
Dikatakan, Disperindag telah menyalurkan beras murah kepada pengencer-pengencer di Kota Berastagi dan Kabanjahe. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir atau mengatasi kenaikan harga beras di pasaran. (BR2/a)

Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Musim Panen Usai, Siap-siap Harga Beras Melambung Lagi
Disperindag ESDM Sumut Dorong Industri Hijau di Sumut
HPP Beras Medium Dinaikkan, Harga Beras Bisa Lebih Mahal
Komisi 3 DPRD Heran, Harga Beras Bulog Rp 12.000 per Kg, di Masyarakat Jadi Rp 17.000
Jokowi Targetkan Harga Beras Turun Mulai Bulan Depan
Pemerintah Naikkan HET, Bulog: Harga Beras Sulit Turun
komentar
beritaTerbaru