Harga Daging Babi Rp 120 Ribu Per Kilogram di Kecamatan Dolok Panribuan


417 view
Harga Daging Babi Rp 120 Ribu Per Kilogram di Kecamatan Dolok Panribuan
Internet
Ilustrasi
Tiga Dolok (SIB)
Sejumlah masyarakat dan pemilik rumah makan Khas Batak di Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan Simalungun menyebutkan, beberapa bulan terakhir harga daging babi terus mengalami kenaikan hingga saat ini mencapai 120.000 per kilogramnya, dari sebelumnya Rp. 55.000 per kilogram.

Masyarakat bermarga Pakpakan, Butarbutar, Siahaan, Ambarita dan pemilik Rumah Makan (RM) Khas Batak di Tiga Dolok Marga Marpaung dan Boru Samosir kepada SIB di Tiga Dolok, Sabtu (9/1), mengatakan sudah beberapa bulan terkahir harga daging babi mencapai Rp 120.000 - Rp 130.000 per kilogram, karena pasokan ternak langka, padahal sebelumnya banyak ditemukan di desa-desa.

Warga menyampaikan, sebelumnya harga daging babi hanya berkisar Rp 55.000-Rp 60.000 per kilogramnya dan mudah ditemukan, namun beberapa bulan terakhir harganya terus meningkat hingga Rp 120 ribu per kilogram dan kerap masyarakat kesulitan menemukan ternak babi untuk acara pesta dan adat istiadat.

Sementara pemilik RM Khas Batak marga Marpaung menyampaikan, akibat harga daging babi naik warung makan yang digelutinya selama ini terpaksa ditutup, karena modal untuk perbelanjaan daging babi sangat tinggi dan juga kuwatir pembeli akan berkurang.

Di tempat terpisah, pemilik RM Khas Batak Boru Samosir mengatakan hal senada, bahwa mulai September 2020 harga daging terus meningkat hingga mencapai Rp 120.000."Kita terpaksa menaikkan harga satu porsi daging panggang menjadi Rp 30.000 dan sebelumnya hanya Rp 20.000 per porsi, karena harga daging mahal," ungkap Boru Samosir.

Pemilik rumah makan Marga Marpaung dan Boru Samosir berharap harga daging babi kembali turun seperti semula, agar rumah makan miliknya dapat dibuka kembali dan harga per porsi dapat kembali normal. (S12/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com