Harga Tepung Berbahan Gandum Melambung di Gunungsitoli


161 view
Harga Tepung Berbahan Gandum Melambung di Gunungsitoli
(Foto: SIB/ Riswan H Gultom)
MAHAL: Sejumlah pemilik toko di Gunungsitoli tetap menjual tepung berbahan gandum walaupun dengan harga mahal, Selasa (2/8/2022).

Gunungsitoli (harianSIB.com)

Harga tepung berbahan gandum melambung tinggi di Kota Gunungsitoli, diduga imbas dari perang Rusia dan Ukraina dalam beberapa bulan terakhir.

Pantauan SIB, Selasa (2/8/2022) di sejumlah distributor dan warung kelontong sembako di Kota Gunungsitoli, tepung berbahan gandum masih gampang ditemukan, namun harganya cukup mahal.

Seperti terigu cap cakra kembar misalnya, tepung ini dijual dengan harga Rp 277 ribu per 25 Kg, padahal pada Maret lalu harganya masih Rp 230 ribu.

Seorang pengusaha sembako di jalan Sudirman Gunungsitoli, Martini Zebua mengatakan, sejumlah jenis tepung berbahan gandum mengalami kenaikan sejak beberapa bulan terakhir. Harga pun tidak bisa diprediksi kapan kembali stabil.

"Informasinya hal ini disebabkan perang Rusia dan Ukraina. Kedua negara itu kan penghasil utama gandum yang diekspor ke berbagai negara," jelasnya.

Sementara pemilik restauran, cafe dan warung yang biasanya menyajikan makanan berbahan tepung cukup kesulitan dengan kenaikan harga. Harga lama tidak dapat lagi dikenakan sehingga pengusaha harus memutar otak.

"Harga makanan per porsi harus dinaikkan sesuai kenaikan tepung, namun kami khawatir pelanggan tidak mau membeli," jelas Nidar, pemilik cafe.

Para pengusaha makanan di Gunungsitoli meminta pemerintah melakukan intervensi terhadap harga gandum dan tepung terigu. (A19)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com