Hari Kartini, Perempuan Jadi Pelopor Pencegahan Penyebaran Covid-19


128 view
Foto Dok
Nurhafni Lubis
Tebingtinggi (SIB)
Raden Ajeng (RA) Kartini setiap tahunnya diperingati sebagai pelopor gerakan emansipasi wanita yang gigih membela dan memperjuangkan hak-hak bagi kaum perempuan. Di tengah pandemi Covid-19, kiranya perempuan Indonesia khususnya di Tebingtinggi diharapkan dapat berperan memutus mata rantai m penyebaran Covid-19.

"Kaum perempuan (Ibu) harus jadi pelopor pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mensosialisasikan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) di lingkungan masing-masing," kata Tokoh Perempuan Tebingtinggi Nurhafni Lubis, Rabu (21/4), seperti dilansir dari Hariansib.com.

Nurhafni mengatakan, program pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 harus didukung seperti menerapan 5 M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilitas).

"Sosialisasi 5 M ke orang terdekat dan Lingkungan untuk membantu mempercepat pemutusan penyebaran Covid-19 khusus di Tebingtinggi," ucapnya.

Menurutnya, ada peran yang dimiliki perempuan, yakni sebagai istri (ibu rumah tangga), bermasyarakat serta harus bisa masuk sebagai praktisi dalam suatu organisasi wanita.

“Dari peran perempuan, dapat memutus mata rantai Covid-19 dengan memastikan kesehatan anggota keluarga dari asupan gizi,” tambahnya.

Selain menjadi pelopor pemutusan penyebaran Covid-19, perempuan juga harus membantu peningkatan perekonomian dengan membuka peluang usaha.

"Perempuan juga harus menciptakan peluang usaha. Dengan memanfaatkan teknologi seperti berjualan dengan online," katanya.

Nurhafni juga berharap, dengan diperingati setiap tahun hari Kartini, akan lahir sosok-sosok baru yang dapat meneruskan perjuangan RA Kartini. (SS12/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com