Kamis, 25 Juli 2024

Hari Kebangkitan Nasional Diperingati di Kabupaten Humbahas

Redaksi - Rabu, 24 Mei 2023 18:42 WIB
207 view
Hari Kebangkitan Nasional Diperingati di Kabupaten Humbahas
(Foto Dok/Pemkab)
UPACARA : Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE saat menyampaikan sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika, Moh. Mahf
Humbahas (SIB)
Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun 2023 dengan tema "Semangat Untuk Bangkit" diperingati di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bertempat di halaman Kantor Bupati Humbahas, Bukit Inspirasi, Kecamatan Doloksanggul, Senin (22/5)
Inspektur upacara dipimpin Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE dan komandan upacara KBO Reskrim Polres Humbahas, Ipda Romi Ginting. Sedangkan paduan suara dari SMA N-2 Lintongnihuta, serta Paskibra dari SMA N-1 Doloksanggul yaitu Olivia F. Simamora, Iren T. Purba dan Helen Safitri Siburian.
Sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika, Moh. Mahfud MD yang disampaikan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE dikatakan bahwa seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala.
Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan Republik Indonesia sebagai negara yang satu, berdaulat, adil dan makmur.
Didirikan oleh Dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opfeiding Van Indische Arlsen (STOVIA), Boedi Oetomo berdiri untuk mendorong Bangsa Indonesia mengejar ketertigalannya dari bangsa lain di masa itu.
Di masa ini, di saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat dan terus maju bergerak mengobarkan api "Semangat Untuk Bangkit" demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.
Pada tanggal 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of Internasional Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut.
Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi Covid-19. Selama tiga tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi Covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca-pandemi.
Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan. Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak. Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan semangat untuk bangkit. (G3/rel/r)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Menyambut HUT ke-21, Kabupaten Humbahas Gelar Perlombaan Gerak Jalan
Wakil Bupati Humbahas Bacakan Nota Pengantar Atas Ranperda Pertanggungjawaban APBD TA. 2023
Pemkab Humbahas Peringati Harkitnas, Ini Kata Menkominfo RI
Polres Humbahas Tangkap Tiga Tersangka Pelaku Togel Online di Lintong Nihuta
Tim Panelis Provsu Apresiasi Penurunan Stunting di Humbahas
Partai Nasdem Humbahas Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati
komentar
beritaTerbaru