Makna Hari Kesaktian Pancasila

Haris Muda Siregar: Kerukunan, Perjuangan dan Idealisme


85 view
Haris Muda Siregar: Kerukunan, Perjuangan dan Idealisme
Foto : Ist/harianSIB.com
Haris Muda Siregar MSi.

Labura (SIB)


Ketua DPD Partai NasDem Labura Haris Muda Siregar MSi menyebutkan ada tiga makna Hari Kesaktian Pancasila diperingati bangsa Indonesia tiap tahunnya

Yang pertama yaitu makna Kerukunan, makna Perjuangan dan makna idealisme yang perlu ditanam dan dimiliki setiap anak bangsa.

Demikian disampaikan Haris Muda Siregar saat diminta pendapat dan statemennya menyangkut Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10) di Aek Kanopan Labura.

Dijabarkan, makna kerukunan bahwa sebagai warga negara Indonesia marilah kita mengesampingkan ego dan kepentingan pribadi masing-masing. Perbedaan pasti ada disetiap lini kehidupan. Baik agama, ras dan sebagainya. Alangkah indahnya jika perbedaan ini menjadi alasan kita untuk bersatu tanpa harus melukai, merendahkan, melecehkan orang lain. Dengan adanya kerukunan, Indonesia akan semakin kompak dan tujuan bersama dapat segera terwujud.

Kemudian, makna perjuangan yaitu di kehidupan ini tidak ada sesuatu yang instan. Semua perlu proses dan proses tersebut memerlukan perjuangan. Perjuangan dilakukan dengan sepenuh hati, tanpa adanya tekanan kepentingan. Sehingga apa yang diperjuangkan tidak berakhir sia-sia.

Dan penjabaran terakhir Haris Muda Siregar mengatakan bahwa makna Idealisme adalah cara memandang secara utuh untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia, idealisme Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah satu-satunya opsi dan bersifat harga mati. Tidak ada opsi-opsi lain yang diterima yang menawarkan tendensi-tendensi tertentu yang justru dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Haris Muda Siregar mengharapkan agar anak bangsa secara khusus penguasa bangsa ini dapat memaknai arti seutuhnya Hari Kesaktian Pancasila yang kita peringati tiap tahunnya. "Bahwa dalam Pancasila telah lengkap tatanan arah dan tujuan bangsa Indonesia," ujarnya. (BR5/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com