Hidayat Nur Wahid Minta Polisi Segera Tindak Pelaku Konten Hoaks


270 view
Hidayat Nur Wahid Minta Polisi Segera Tindak Pelaku Konten Hoaks
Foto: MPR
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (HNW)
Jakarta (harianSIB.Com)
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta polisi segera bergerak cepat menindak para pelaku yang menyebarkan berita, informasi atau video hoaks melalui konten YouTube.

"Saat ini memang zaman kebebasan yang kebablasan, makanya pihak Kepolisian perlu bergerak cepat menindak konten-konten hoaks yang disebar melalui channel YouTube," ujar Nur Wahid kepada wartawan termasuk jurnalis Koran SIB Jamida P Habeahan, di Jakarta, Senin (24/10/2021).

Politisi PKS ini berpendapat, tidak akan ada efek jera apabila tidak ada tindakan nyata dari aparat hukum.

Karena itu diminta supaya polisi melakukan koordinasi dan sosialisasi yang lebih luas sehingga masyarakat berpikir dua kali jika ingin menyebarkan suatu informasi atau video yang belum pasti kebenarannya.

Nur Wahid mengharapkan dalam melakukan penindakan, aparat hukum tidak ada diskriminasi atau tebang pilih karena dikhawatirkan mengakibatkan dampak yang kurang baik.

Sementara itu, pengamat media sosial, Darmansyah mengatakan, banyak pekerja yang mencari nafkah melalui media sosial (medsos) baik itu YouTube atau medsos lainnya.

Sebab, Sumber Daya Manusia (SDM) terutama para generasi muda khususnya yang usia kerja banyak berperan mengisi lapangan pekerjaan.

Namun, jika ada konten hoaks yang diproduksi, tentunya melanggar ketentuan hukum positif yang berlaku di Indonesia.

"Saya rasa pihak Kepolisian tidak kekurangan SDM untuk menindaklanjuti akun medsos atau youtuber yang membuat konten melanggar hukum. Barangkali hanya kurang serius selama ini, termasuk pihak Kemenkominfo” ujar Darmansyah.

Karena itu, Kemenkominfo harus meningkatkan perannya dan lebih gencar melakukan sosialisasi konten hoaks. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com