Hindari Kerumunan Massa, Tugu Raja Sisangkalan Aruan di Laguboti Ditutup


739 view
Hindari Kerumunan Massa, Tugu Raja Sisangkalan Aruan di Laguboti Ditutup
(Foto: Dok/KIB)
Tugu : Tugu Raja Sisangkalan Aruan di Tanah Partaiman Huta Aruan Laguboti, Toba ditutup untuk antisipasi kerumunan massa. 
Laguboti (SIB)
Tugu Raja Sisangkalan Aruan di Tanah Partaiman Huta Aruan Laguboti ditutup untuk publik. Semula, tugu yang dibangun seperti berbentuk tunas berwarna emas, ditujukan untuk pojok selfie sebab dirancang menyesuaikan era Instagramable. “Karena masih pandemi, atas saran tokoh dan raja adat serta pengurus, tugu ditutup,” jelas Ketua Pembangunan Capt R Tagor Aruan via pesan singkatnya, Senin (15/2).

Ia memastikan, pandemi Covid-19 membuat sejumlah rencana berubah. Termasuk peresmian tugu yang semestinya diadakan 2020. “Menunggu situasi kondusif dan memungkinkan untuk berkumpul secara massa,” jelasnya.

Sebelumnya, lanjutnya rancang bangun tugu berkonsep futuris. Alasannya, keturunan Raja Sisangkalan Aruan ingin lokasi tersebut menjadi destinasi wisata sejarah dalam mendukung Danau Toba sebagai destinasi baru industri wisata berskala global. “Keturuan Raja Sisangkalan Aruan menyambut baik dan menyesuaikannya. Pandemi Covid-19 membuat rencana bergeser,” tambahnya.

Pria yang menjabat Ketua Komite Independen Batak (KIB) itu memastikan, tugu pun sebagai kebanggaan bagi Bangso Batak. Secara intern keturunan Raja Sisangkalan Aruan, tugu sebagai sumbangsih pada bangsa dan negara. “Ke lokasi tujuan, keturunan Raja Sisangkalan Aruan sudah membangun jalan mulus. Maksudnya agar warga atau siapa saja yang melintas melalui infrastruktur yang bagus,” tambahnya.

Ia mengurai, tokoh adat dan ketua dalam intern Raja Sisangkalan Aruan di antaranya Drs Herbert Aruan MM AK CA, St Monang Aruan dari Bandung, St Hadjuluan Aruan dan Bonton Aruan dari Jakarta termasuk Kades Huta Aruan Laguboti, Bintang Aruan, sepaham dengan langkah tersebut.

Pria keturunan ke-18 Aruan tersebut berharap masyarakat khususnya yang berdomisili di sekitar tugu memahami keputusan yang diambil demi menekan penyebaran virus corona. (R10/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com