Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Sergai

Hj Nawal Edy Rahmayadi Ajak TP PKK di Desa Menjadi Ujung Tombak Pelestarian Lingkungan


557 view
Hj Nawal Edy Rahmayadi Ajak TP PKK di Desa Menjadi Ujung Tombak Pelestarian Lingkungan
Foto: Dok/Bet
TANAM POHON:  Bupati Sergai H Darma Wijaya menanam pohon di bantaran Sungai Belutu di Dusun 1 Kampung Manggis Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin, pada kegiatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022, Rabu (22/6/2022). (Foto atas). Ketua TP PKK Sumut, Hj Nawal Lubis menyerahkan bantuan tong sampah kepada Ketua TP PKK Sergai H Rosmaida Saragih. 

Sergai (harianSIB.com)

Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022 tingkat Propinsi Sumatera Utara (Sumut) dipusatkan di Dusun 1 Kampung Manggis Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Rabu (22/6/2022).

Kegiatan ditandai dengan penaburan berbagai jenis benih ikan ke alur Sungai Belutu, di antaranya 3000 benih ikan Nila dari RSI dan PWI Sergai, penanaman bibit pohon manggis di bantaran sungai, pencucian sungai dengan pemberian cairan ecoenzym serta bantuan tong sampah dari Dinas LH Propinsi.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut, Hj Nawal Edy Rahmayadi menyampaikan perlakuan manusia yang kenyataannya masih kejam kepada bumi sebagai tempat tinggal.

"Buktinya, masih ada perusakan hutan, sampah bertebaran di mana-mana, laut tercemar sehingga banyak ikan yang punah dan perlakuan lain yang merusak. Padahal, kita sangat bergantung kepada lingkungan," kata Nawal Lubis.

Karena itu, ia mengajak seluruh TP PKK di desa-desa menjadi ujung tombak pelestarian lingkungan di sekitar.

Sementara itu, Bupati Sergai H Darma Wijaya mengatakan, lewat dana CSR perusahaan-perusahaan yang ada, telah menormalisasi Sungai Sei Belutu, Sei Rampah dan Sungai Tanjungberingin sepanjang 5 km lebih yang setiap tahunnya kerap dilanda banjir.

Penulis
: Robert
Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com