Sabtu, 15 Juni 2024 WIB

Hujan Deras, 817 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Kota Binjai

Redaksi - Minggu, 12 Maret 2023 17:41 WIB
358 view
Hujan Deras, 817 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Kota Binjai
(Foto : SIB/ M Irsan)
EVAKUASI : Petugas dari BPBD Binjai bersama pihak TNI-Polri mengevakuasi warga yang terdampak Banjir di Jalan T. Imam Bonjol, K
Binjai (SIB)
Hujan deras yang mengguyur Kota Binjai menyebabkan tiga sungai di Kota Binjai, yakni Sungai Mencirim, Sungai Bingai dan Sungai Bangkatan, meluap dan mengakibatkan ratusan rumah terendam, Sabtu (11/3) pagi, sekira pukul 06.30 WIB.
Pantauan wartawan, ratusan rumah penduduk sepanjang kawasan bantaran sungai terendam banjir dengan ketinggian bervariasi hingga mencapai 2 meter.
Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai tercatat 817 Kepala Keluarga dengan rincian 3268 jiwa dari 6 kelurahan di 3 kecamatan di Kota Binjai terkena dampak banjir.
Adapun wilayah terdampak banjir yakni, Kelurahan Rambung Barat, Kelurahan Rambung Timur, dan Kelurahan Binjai Estate (Kecamatan Binjai Selatan), Kelurahan Mencirim (Kecamatan Binjai Timur) serta Kelurahan Setia, Kelurahan Kartini (Kecamatan Binjai Kota).
Sebagai upaya penanggulangan bencana sementara, warga dari masing-masing lingkungan melakukan proses evakuasi mandiri, sembari mendirikan posko bantuan dan dapur umum sementara.
"Air sungai mulai naik sekitar jam 5 subuh tadi dan Alhamdulilah sampai sore ini sudah mulai surut meskipun masih hujan, mudah mudahan tidak ada banjir susulan," ucap Nining (42), salah satu warga terdampak banjir di Kelurahan Setia Kecamatan Binjai Kota.
Sementara itu, Kalaksa BPBD Kota Binjai, Iman Siswanto S.Sos, mengatakan bahwa pihaknya masih terus melakukan pendataan jumlah korban terdampak banjir dan nilai kerugian akibat bencana alam ini, serta membantu proses evakuasi warga dan penyaluran bantuan.
"Untuk korban jiwa sampai saat ini tidak ada, kami terus berkoordinasi dengan pihak TNI-Polri untuk keamanan dan kenyamanan warga serta Dinas Kesehatan Kota Binjai untuk pelayanan kesehatan apabila ada warga yang butuh bantuan dan pengobatan serta berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk ikut serta dalam misi kemanusiaan di Kelurahan yang terdampak banjir," ungkapnya sembari menegaskan bahwa pihaknya akan terus meninjau untuk memastikan para korban banjir mendapat penanganan yang maksimal. (A11/a)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Zainuddin Purba: Jangan Jual Kebohongan yang Tidak Beretika dan Tidak Bermoral
Rob Kembali Rendam Pemukiman Penduduk dan Jalan Utama di Belawan
Medan Belawan Berpotensi Banjir Rob Pekan Ini, Pasang Tertinggi 2,6 M
Banjir Rob di Jalan Damai Ujung, Ini Kata Ketua DPRD Sibolga
Banjir Rob Landa Pemukiman Warga Jalan Damai Ujung Kota Sibolga
Pertamina Dukung BBM Alat Berat Tanggap Bencana Sumbar
komentar
beritaTerbaru