Kamis, 25 Juli 2024

Hujan Deras, Irigasi Bahalgajah-Tigabolon Tertimbun Longsor

Redaksi - Kamis, 07 September 2023 15:19 WIB
240 view
Hujan Deras, Irigasi Bahalgajah-Tigabolon Tertimbun Longsor
Foto SIB/Revado Marpaung
TERTIMBUN LONGSOR : Daerah Irigasi (DI) Bahal Gajah-Tigabolon Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun tertimbun longsor. Akibatnya saluran irigasi menjadi tertutup, Rabu (5/9). 
Tigabolon (SIB)
Daerah Irigasi (DI) Bahalgajah-Tigabolon di Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun tertimbun longsor, sehingga saluran irigasi menjadi tertutup, Rabu (6/9).

Informasi dihimpun SIB dari warga bernama S Siahaan, irigasi yang tertimbun longsor itu diperkirakan terjadi pada Selasa (5/9) karena hujan yang cukup deras di malam hari. Kejadian longsor itu baru diketahui warga saat hendak ke sawah pada Rabu (6/9) pagi. Akibat timbunan longsor tersebut, saluran irigasi menjadi tertutup.

Sementara Pangulu Tigabolon, Marisno Sitio mengatakan Irigasi Bahalgajah-Tigabolon yang tertimbun longsor sudah disampaikan ke instansi pengelola sumber daya air (PSDA). "Kemungkinan besok akan dilakukan gotongroyong", kata Marisno.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (KUPTD) PSDA Sidamanik, Faber Damanik membenarkan saat ini daerah irigasi yang mengairi kurang lebih 200 hektare lahan persawahan telah tertimbun longsor.

Dia mengaku sudah melihat langsung dan peristiwa ini sudah biasa terjadi. Kendati demikian, besok kita akan bergotong royong untuk membersihkan material timbunan tanah longsor, katanya.(D10/d)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
BMKG: Suhu Udara di Wilayah Sumut 35,9°C
IKN Terus Diguyur Hujan, Kemenhub Kerahkan Pesawat Modifikasi Cuaca
Bupati Simalungun Terima Kunjungan Kepala Subdirektorat Perencanaan Pendanaan BNPB Pusat
Atap Seng 2 Rumah Warga "Diterbangkan" Angin Kencang ke Jalan, Polisi Turun ke TKP
Ancam Keselamatan, Masyarakat Minta Jalan yang Dikeruk Supaya Ditambal
Jalan Menuju Desa Selandi Lama Kecamatan Payung Karo Rusak Berlumpur
komentar
beritaTerbaru