Hujan Lebat, Tiang Listrik di Perumnas Mandala Tumbang


208 view
Hujan Lebat, Tiang Listrik di Perumnas Mandala Tumbang
Foto: SIB/Roy Damanik
NYARIS TUMBANG: Tiang listrik yang terbuat dari kayu dan sudah berusia puluhan tahun di Jalan Jalak 16 Perumnas Mandala, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang nyaris tumbang dan dapat membahayakan keselamatan warga, Kamis (7/10).
Deliserdang (SIB)
Miris, satu tiang listrik yang terbuat dari kayu dan sudah berusia puluhan tahun di Jalan Jalak 16 Perumnas Mandala, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang tumbang, dan satu lagi nyaris tumbang dan dapat membahayakan keselamatan warga, Kamis (7/10) sore.

Pantauan wartawan di lokasi, tiang kabel listrik tegangan rendah (TR) yang berada di teras rumah warga bernomor 354 tiba-tiba tumbang saat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi pada, Kamis (7/10) sore. Beruntung pagar di rumah itu menahan beban berat tiang kayu sehingga tidak menimpa rumah warga.

Sementara tiang yang nyaris tumbang dan keropos itu juga di Jalan 16 dan berada di teras rumah warga bernomor 351. Jika tiang yang tidak layak pakai itu tumbang, dikhawatirkan listrik di rumah-rumah warga akan terjadi korsleting arus listrik ataupun padam. Yang sangat dikhawatirkan, jika tiang tumbang akan merusak rumah warga, bahwan akan memakan korban jiwa.

Warga sekitar, Sari br Nababan (23) sangat mengharapkan adanya perhatian pihak PLN untuk segera mengganti tiang listrik yang tak layak pakai lagi. Diungkapkannya, tiang tumbang itu berada persis di teras rumahnya.

"Untung saja ada pagar besi di rumah sehingga menahan tiang agar tidak menimpa rumah warga. Kami langsung melapor ke kantor PLN. Tak lama tiang yang lama diganti oleh petugas PLN dengan tiang baru yang terbuat dari beton. Tadi warga juga menyampaikan ke petugas PLN bahwa ada satu tiang lagi yang nyaris tumbang. Namun petugas itu beralasan tiang listrik sudah tidak ada lagi," ungkapnya.

Sementara tiang yang berada di teras rumah bernomor 351 kondisinya juga sangat mengkhawatirkan. Jika tiba-tiba tiang tumbang, tentunya akan terjadi kejadian yang tak diinginkan.

"Kalau tiang listrik itu tumbang, bisa saja menimpa orang. Bukan itu saja, bisa jug terjadi kabakaran akibat korsleting listrik. Harusnya pihak PLN jeli dengan kondisi seperti ini," harapnya.

Sari menambahkan, dia dan warga lainnya sudah sering melapor ke kantor PLN dan kepling setempat terkait 2 tiang listrik yang nyaris tumbang. Namun tidak direspon sama sekali. Justru satu tiang sudah tumbang baru direspon.

"Sudah lebih dari 5 kali kami (warga-red) melapor ke kantor PLN dan kepling. Kepling juga meminta tanda tangan kepada 20 rumah tangga dan sudah dilakukan. Namun hingga kini belum juga direspon oleh pihak PLN. Setelah tiang tumbang baru direspon," bebernya mengakhiri. (A14/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com